Mekah Kerahkan Ribuan Pekerja dan Peralatan Untuk Layani Jamaah Saat Ramadhan

N Zaid - Makkah 25/02/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Pemerintah kota di Mekah mengatakan mereka telah mengerahkan banyak pekerja dan armada peralatan untuk melayani jamaah yang biasanya memadati kota suci Saudi selama bulan suci Ramadhan.

Juru bicara Walikota Mekkah Osama Zaytuni mencatat bahwa kota tersebut, yang merupakan rumah bagi situs paling suci umat Islam, biasanya menerima banyak pengunjung dan peziarah selama Ramadhan yang memerlukan layanan intensif.

Oleh karena itu, pihak wali kota telah menyusun program selama musim ini untuk mengatasi perkiraan masuknya jamaah dan menyediakan layanan efisien yang mencakup pembersihan, pembuangan limbah, dan pemberantasan serangga, kata pejabat itu kepada TV Saudi Al Ekhbariya.
‚Äč
“Rencananya juga mencakup pemantauan toko dan restoran untuk memastikan validitas barang yang ditangani serta pengoperasian, pemeliharaan, dan pembersihan jaringan jalan, terowongan, dan jembatan,” tambahnya.

Menurut pejabat tersebut, Mekah memiliki jaringan jalan besar untuk memudahkan lalu lintas yang terdiri dari 18.000 jalan utama dan samping, 58 terowongan dan 70 jembatan.

Ramadhan secara tradisional menandai musim puncak umrah atau ziarah kecil di Masjidil Haram di Mekah.

Setelah melakukan umrah di Mekah, banyak jamaah yang menuju ke kota Madinah untuk melaksanakan salat di Masjid Nabawi, situs tersuci kedua umat Islam dan mengunjungi landmark Islam lainnya di kota tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi telah memperkenalkan sejumlah fasilitas bagi umat Islam yang ingin datang ke negara tersebut untuk melakukan umrah.(GN)


(ACF)
TAGs: Makkah