7 Langkah Mudah Mengajarkan Anak-anak Baca Al-Quran

Octri Amelia Suryani - Al-Quran Inspirasi 10/06/2021
Gambar oleh Mufid Majnun dari Pixabay
Gambar oleh Mufid Majnun dari Pixabay

Oase.id - Al-Quran merupakan pedoman bagi umat Islam, dan membacanya bukan lagi menjadi suatu kegiatan yang asing bagi kaum muslim. Membaca Al-Quran juga termasuk ke dalam ibadah yang paling utama diantarara ibadah lainnya.

Menurut para ulama tafsir dalam QS. Al-A`raf ayat 204 menjelaskan bahwa siapa yang mendengarkan bacaan Al-Quran, maka rahmat akan turun padanya. Sebagaimana bunyi dari ayat tersebut:

وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya: Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.

Berdasaran ayat tersebut, bagi yang mendengarkan saja akan mendapat rahmat, apalagi jika kita membacanya. Alangkah baiknya, membaca Al-Quran ditanamkan dalam diri sejak dini.

Sebagai orang tua, mengajari anaknya membaca Al-Quran sedari kecil merupakan kewajiban. Namun, memang, itu tidak semudah yang dibayangkan.

Sebagaimana lazimnya anak-anak, mereka masih sulit untuk diatur dan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain. Belum lagi, ketika sang anak kesulitan dalam menangkap apa yang diajari, itu menjadi kendala tersendiri bagi orang tua.

Untuk menyiasati berbagai kendala di atas, ada 7 langkah mudah yang bisa dilakukan orang tua dalam mengajarkan anak-anak membaca Al-Quran:

1. Jangan Memaksa
Jangan sampai memaksa anak untuk membaca Al-Quran. Karena dengan cara memaksa, akan membuat mereka merasa tidak nyaman dan merasa dirinya terusik. Biarkan mereka sadar dengan sendirinya. Sebagai orang tua usahakan hanya mengingatkan, bukan memaksa.

2. Berikan Contoh
Sebagai orang tua, hadirkan suasana gemar membaca Al-Quran jika menginginkan si anak untuk membaca Al-Quran juga. Maka dari itu, berilah contoh kepada anak suasana menyenangkan saat kita membaca Al-Quran.   

3. Menjelaskan Kenapa Harus Membaca Al-Quran
Usahakan untuk memberikan penjelasan kepada anak tentang pentingnya membaca Al-Quran dan apa yang didapat jika rajin membacanya. Sehingga daya tarik si anak menjadi kuat untuk membacanya.

4. Lakukan dengan Cara Menyenangkan
Seperti yang dituliskan pada tips yang pertama, metode game mengenal huruf hijaiyah juga memiliki daya tarik untuk anak-anak dalam belajar membaca Al-Quran.

5. Dimulai dari yang Mudah
Memulai dari hal yang paling mudah akan memotivasi anak dalam belajar membaca Al-Quran.

6. Lakukan Secara Konsisten
Setelah memulai dari hal yang paling mudah, sikap konsisten akan muncul dari diri anak-anak tersebut. Karena secara logika anak yang sudah merasakan kemudahan dalam belajar sesuatu, mereka akan merasa selalu ingin melakukan hal tersebut. Sehingga dia konsisten dalam melakukannya.

7. Pujian dan Hadiah
Terakhir, kalimat pujian serta apresiasi lainnya juga menjadi salah satu pendukung utama bagi anak-anak dalam belajar membaca Al-Quran.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus