Desain Masjid Agung Magelang Terinspirasi dari Masjidil Haram dan Atap Tajug

Medcom.id - Masjid 29/05/2020
Photo by Ade Yuridianto
Photo by Ade Yuridianto

Oase.id- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar sayembara desain Masjid Agung di Kabupaten Magelang. Pemenang sayembara merupakan arsitek dari Bandung bernama Ade Yuridianto.

Ade mengungkapkan, desain masjid yang dirancangnya mengadaptasi kondisi ruang Masjidil Haram. Sementara atap berbentuk Tajug yang melengkung ke belakang terinspirasi dari atap bangunan peribadatan di Jawa, khusunya Jawa Tengah.

"Kebetulan saat saya skripsi, tugas akhir saya meneliti tentang atap-atap bangunan itu. Dari penelitian saya temukan bahwa atap Joglo itu untuk rumah kaum priyayi, atap pelana itu untuk kelas bawahnya dan atap Tajug itu khusus untuk tempat peribadatan. Jadi, ide desain saya ini berasal dari penelitian saat skripsi," ujar Ade melansir Medcom.id, Jumat, 29 Mei 2020.

Sementara itu, Ketua Tim Juri Sayembara Masjid Agung Magelang Profesor Totok Roesmanto mengatakan desain milik Ade tersebut merupakan hal baru dalam bentuk tempat peribadatan di Jawa sehingga dengan melihat sekilas, orang sudah tahu kalau itu bangunan masjid.

"Menurut kami, itu inovasi bentuk atap masjid Jawa. Bentuk itu mengembangkan bangunan dasar peribadatan di Jawa beratap Tajug. Kalau biasanya lancip ke atas, desain itu baru karena ditarik ke belakang dan puncaknya agak ke belakang," ujarnya.

Kendati demikian, jika nanti desain itu diaplikasikan dalam bentuk bangunan, diperlukan perbaikan-perbaikan dan tidak asal-asalan sesuai pesan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Pesan Pak Ganjar, bangunannya harus benar-benar indah dan kokoh, tidak asal-asalan. Tentunya nanti ada modifikasi agar betul-betul bagus dan berkualitas," katanya.

Selain itu, hampir semua karya menyajikan keunggulan yang sama dari segi keindahan dan fungsi. Masing-masing finalis memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi penilaian tetap mengacu pada indikator tata bangunan Islami, tata ruang Islami, inovasi bentuk, berkonsep ramah lingkungan, kewajaran konstruksi, dan interior Islami.

"Setelah berdebat alot untuk penentuan itu, akhirnya disepakati desain MAJT 012 (Ade Yuridianto) adalah pemenangnya," kata otok Roesmanto di Semarang.

Desain masjid dengan atap berbentuk Tajug yang melengkung ke belakang karya Ade Yuridianto itu berhasil menarik perhatian dewan juri dan mengungguli dua karya lainnya yakni peserta dari Malang dengan arsitek atap gunungan sebagai juara 2, serta desain dari Yogyakarta dengan desain atap Joglo terbelah sebagai juara 3.


(FER)
TAGs: Masjid