5 Tips Menumbuhkan Rambut Secara Alami untuk Para Hijabers

Phooby Kamaratih - 30/03/2021
Photo by RODNAE Productions from Pexels
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Oase.id - Rambut adalah mahkota kemuliaan bagi seorang wanita. Tak terkecuali buat wanita-wanita muslim, meski rambut mereka senantiasa tertutup oleh hijab. Oleh karena itu, normal bagi mereka para muslimah untuk tetap menjaga kesehatan rambutnya.

Rambut rontok adalah masalah yang biasanya dialami para hijabers. Hal ini terjadi karena menggunakan hijab saat rambut masih dalam keadaan basah, sampai mengikat rambut secara ketat.

Nah, untuk menjaga kesehatan rambut, baik itu memperkuat, menyuburkan rambut, atau hanya ingin memperbaiki rambut yang  dimiliki, cobalah beberapa solusi alami yang dihimpun Oase.id dari Healthline.com:

1. Pijat

Memijat kulit kepala dapat membantu memulihkan pertumbuhan rambut dan dapat digunakan bersama dengan minyak rambut dan masker. Teknik memijat kepala akan merangsang kulit kepala untuk dapat meningkatkan ketebalan rambut. Peregangan selama pijatan diperkirakan mendorong pertumbuhan dan ketebalan rambut di sel papila dermis.

Meluangkan waktu untuk memijat kulit kepala setiap hari juga dapat membantu meredakan stres dan ketegangan.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati rambut rontok, menenangkan kulit kepala dan merawat rambut agar terhindar dari ketombe akibat minyak berlebih pada rambut. Caranya, dengan mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut beberapa kali seminggu. Bisa juga dengan menggunakan produk sampo atau kondisioner yang mengandung lidah buaya.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang mampu menutrisi batang rambut agar lebih kuat. Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau sesudah keramas, tergantung pada jenis rambut. Jika rambut cenderung berminyak, lakukan perawatan dengan cara didiamkan pada rambut semalaman atau beberapa jam sebelum keramas. Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut.

4. Ginseng

Mengonsumsi suplemen ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menstimulasi folikel rambut. Ginseng mengandung ginsenosides merupakan komponen aktif yang bertanggung jawab atas efek positif pada rambut.

5. Minyak Rosemary

Rosemary adalah salah satu minyak esensial pertama yang dipilih orang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Minyak rosemary mampu merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan untuk mengobati alopecia androgenetik.

Campurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo atau kondisioner setiap hari. Jangan gunakan minyak esensial langsung pada kulit.


(ACF)
TAGs:
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus