Alhamdulilah, Berikut Deretan Manfaat Kesehatan Puasa Ramadhan

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 08/04/2021
Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id – Puasa merupakan ibadah yang tercantum pada rukun islam yang keempat, seluruh umat islam wajib untuk melaksanakan ibadah puasa terutama di bulan Ramadhan. Menahan diri dari makan, minum dan segala bentuk perkara yang membatalkan mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Sebagaimana hadis tentang keutamaan puasa yang telah dijelaskan Sunan An-Nasa'I hadits no. 2221. Al-'Allamah Muhammad Nashiruddin Al-Albany :

أَخۡبَرَنَا الرَّبِيعُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ قَالَ: أَنۡبَأَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي جَرِيرُ بۡنُ حَازِمٍ أَنَّ مُحَمَّدَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي يَعۡقُوبَ الضَّبِّيَّ حَدَّثَهُ عَنۡ رَجَاءِ بۡنِ حَيۡوَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُمَامَةَ الۡبَاهِلِيُّ، قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! مُرۡنِي بِأَمۡرٍ يَنۡفَعُنِي اللهُ بِهِ، قَالَ: (عَلَيۡكَ بِالصِّيَامِ؛ فَإِنَّهُ لَا مِثۡلَ لَهُ). [انظر ما قبله].

Ar-Rabi’ bin Sulaiman telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Wahb memberitakan kepada kami, beliau berkata: Jarir bin Hazim mengabarkan kepadaku bahwa Muhammad bin ‘Abdullah bin Abu Ya’qub Adh-Dhabi menceritakan kepadanya dari Raja` bin Haiwah, beliau berkata:
Abu Umamah Al-Bahili menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Aku berkata, “Wahai Rasulullah! Perintahkanlah aku dengan suatu perkara ibadah yang dengannya Allah memberi manfaat kepadaku.” Beliau bersabda, “Biasakanlah berpuasa karena puasa itu tiada bandingnya.”

Setiap perintah dan larangan Tuhan Yang Maha Esa pasti tidak ada yang sia-sia. Secara keseluruhan, puasa memiliki manfaat dan kemaslahatannya yang akan dirasakan terus hingga kelak di akhirat.

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan:

1. Kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Dalam penelitian 2017 yang berjudul Effects of intermittent fasting on health markers in those with type 2 diabetes: A pilot study menjelaskan pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

2. Kesehatan yang lebih baik dengan memerangi peradangan

Meskipun peradangan akut merupakan proses kekebalan normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi, peradangan kronis dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat membantu menurunkan peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.

Dalam penelitian Intermittent fasting during Ramadan attenuates proinflammatory cytokines and immune cells in healthy subjects, pada 50 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa puasa intermiten selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat penanda peradangan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kematian yang disebabkan penyakit jantung mencapai 31,5% di seluruh dunia atau yang tertinggi. Mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung. Studi 2007 menjelaskan, pada 110 orang dewasa gemuk menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta kadar trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol LDL "jahat", hal ini dikaitkan dengan kesehatan jantung.

4. Menurunkan berat badan

Secara teoritis, berpantang dari semua atau makanan dan minuman tertentu akan menurunkan asupan kalori kamu secara keseluruhan, yang dapat menyebabkan peningkatan penurunan berat badan seiring waktu. Dalam penelitian Resting energy expenditure in short-term starvation is increased as a result of an increase in serum norepinephrine menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus