Hari Guru  2021: Ini Adab Murid Terhadap Guru Menurut Ajaran Islam

Octri Amelia Suryani - Hari Guru Al-Quran Hukum Islam Nabi Muhammad Saw 25/11/2021
Ilustrasi saat guru memberikan pembelajaran kepada muridnya (Foto: Syauqi Fillah/Pixabay)
Ilustrasi saat guru memberikan pembelajaran kepada muridnya (Foto: Syauqi Fillah/Pixabay)

Oase.id - Hari Guru Nasional 2021 diperingati pada Kamis, 25 November 2021 hari ini. Hari Guru diperingati sebab guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Guru adalah salah satu orang mengemban pekerjaan paling mulia. Mereka membagikan ilmu pengetahuan. Serta ikut berperan dalam pembentukan karakter seorang anak. 

Mengenai betapa mulianya derajat seorang guru, Allah telah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Mujadalah ayat 11:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Lalu dalam momentum Hari  Guru Nasional 2021, apa saja adab murid terhadap guru yang wajib dipahami dan dilakukan oleh para pelajar? Berikut penjelasannya!

Muhammad Salih Uthaymin dalam bukunya "Syarah Adab & Manfaat Menuntut Ilmu", disebutkan adab yang paling penting untuk dimiliki oleh seorang pelajar atau murid terhadap gurunya. Disebutkan bahwa murid harus menganggap guru sebagai pengajar dan pendidik.

Guru tak hanya sebagai sosok yang mengajarkan ilmu. Guru jugalah yang memberikan tenaga dan pikirannya untuk membimbing budi pekerti anak didiknya. Jadi, hormatilah dan muliakanlah guru.

Hal ini dianjurkan oleh Rasulullah ﷺ dalam hadis, yang artinya: “Rasulullah ﷺ, bersabda: ‘Muliakanlah orang-orang yang memberikan pelajaran kepadamu’.” (HR. Abu Hasan Mawardi)

Selain itu, Syafri M. Noor dalam buku "Adab Murid Terhadap Guru", dijelaskan bahwa agama Islam telah menetapkan adab dan cara menghormati guru, di antaranya:

Adab Murid terhadap Guru Menurut Ajaran Islam:

  1. Memberi salam lebih dulu ketika bertemu dengan guru.
  2. Memperhatikan nasihat-nasihat yang baik.
  3. Mematuhi perintahnya selama tidak bertentangan dengan Islam.
  4. Menjauhi larangannya selama tidak bertentangan dengan Islam.
  5. Tidak boleh mengada-ada pertanyaan yang akibatnya merugikan diri sendiri.
  6. Berbicara dengan baik dan menunjukkan sikap rendah hati.
  7. Dalam majelis pertemuan hendaklah mendahulukan guru untuk menempati tempatnya dan memberikan kesempatan lebih dulu.
  8. Mengerjakan tugas yang diberikannya dengan baik.
  9. Tidak memperolok-olok atau meremehkan.


(ACF)