Zakat Fitrah, Siapa yang Wajib dan Tak Wajib Melaksanakannya

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 02/05/2021
Photo by Suzy Hazelwood from Pexels
Photo by Suzy Hazelwood from Pexels

Oase.id – Zakat Fitrah merupakan kegiatan wajib untuk menutup bulan Ramadhan setiap tahunnya. Fitrah harus dilaksanakan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia karena menunaikan zakat menjadi salah satu rukun islam yang menjadi landasan bahwa kegiatan berzakat menjadi wajib. Zakat ini berguna untuk membersihkan harta dan sebagai pelengkap ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan hikmah zakat fitrah, sebagaimana tersebut di dalam hadis :

 عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنْ الصَّدَقَاتِ

“Dari Ibnu ‘Abbas, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari perkara sia-sia dan perkataan keji, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barangsiapa menunaikannya sebelum shalat (‘Id), maka itu adalah zakat yang diterima. Dan barangsiapa menunaikannya setelah shalat (‘Id), maka itu adalah satu shadaqah dari shadaqah-shadaqah“.

Syarat seseorang wajib menunaikan zakat fitrah, yakni:

1. Beragama Islam dan Merdeka

2. Menemui dua waktu yaitu antara bulan Ramadhan dan Syawal walaupun hanya sesaat.

3. Mempunyai harta yang lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang di bawah tanggungan pada hari raya dan malamnya.

Syarat seseorang tak wajib menunaikan zakat fitrah, yaitu:

1. Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada hari terakhir Ramadhan.

2. Anak yang lahir setelah terbenamnya matahari pada akhir Ramadhan.

3. Orang yang baru memeluk agama Islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

4. Tanggungan istri yang baru saja dinikahi selepas matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

Berapa zakat fitrah yang harus dikeluarkan?

Setiap balita hingga orang dewasa khususnya di Indonesia wajib menunaikan zakat fitrah sebesar 3,5 liter atau 2,5 kg beras. Jika diganti dengan uang, maka wajib membayar sesuai dengan harga beras seberat 2,5 kg.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus