Apakah Udang Halal atau Haram?

N Zaid - Kuliner 18/05/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Udang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Bagaimanapun, bagi umat Islam, ada perdebatan apakah udang itu halal atau haram.

Apakah Udang Halal atau Haram?

Udang sebagian Halal.
Masalah halal atau haramnya udang masih diperdebatkan di kalangan ulama. Beberapa menganggapnya halal, sedangkan yang lain menganggapnya haram. Dengan cara ini, ini mungkin menjadi masalah pilihan individu bagi umat Islam.

Muslim yang memilih untuk mengkonsumsi udang harus memastikan bahwa itu disiapkan sesuai dengan hukum diet Islami, termasuk dimasak dengan benar dan tidak terkontaminasi dengan zat non-halal.

Dalil
Peneliti Islam memiliki pendapat yang berbeda tentang status halal udang. Beberapa ulama menganggap udang haram, sedangkan yang lain melihatnya halal. Berikut adalah beberapa poin argumen;

Imam Abu Hanifah dan Imam Malik menganggap udang haram karena mereka menerimanya sebagai hewan laut yang bukan ikan. Mereka bergantung pada hadits di mana Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

“Dua jenis hewan mati dan dua jenis darah telah dihalalkan untuk kami; dua binatang mati adalah ikan dan belalang, dan dua jenis darah adalah hati dan limpa.” (Mishkat al-Masabih 4132 Referensi dalam buku: Buku 20, Hadits 67).

Imam Shafiyi dan Imam Ahmad ibn Hanbal menganggap udang sebagai makanan halal karena menyerupai ikan.

Udang juga telah dinyatakan halal oleh ulama Islam kontemporer seperti Yusuf al-Qaradawi dan Mufti Muhammad Taqi Usmani.

Apakah Aman Bagi Muslim Untuk Memakannya?
Selain itu, penting untuk mencari pengetahuan dan nasihat dari ulama Islam yang berkualifikasi sebelum mengkonsumsi makanan dengan sertifikasi Halal yang dipertanyakan. Ini membantu umat Islam membuat pilihan berdasarkan informasi dan memastikan kepatuhan dengan hukum diet Islami.

Intinya
Singkatnya, tidak ada konsensus yang jelas di kalangan ulama Islam tentang sifat halal udang. Ada yang menganggapnya haram, ada pula yang menganggapnya halal. Oleh karena itu, makan udang atau tidak, tergantung pada interpretasi masing-masing.

Sangat penting untuk dicatat bahwa diet Islami menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan yang murni dan sehat. Muslim juga memastikan bahwa makanan yang mereka makan disiapkan sesuai dengan pedoman Islam. , Anda perlu memastikannya sudah matang.

Penting untuk dicatat bahwa perhatian utama umat Islam dalam hal makanan adalah untuk menjamin kehalalannya dan diperoleh melalui cara yang halal. Umat Islam hanya boleh mengkonsumsi yang halal dan menjauhi yang haram. Dan Allah tahu yang terbaik.(tii)


(ACF)
TAGs: Kuliner