Momen Muslim Diminta Tidak Salat di Dalam Stasiun Kereta Ottawa Jadi Viral

N Zaid - Salat 25/03/2023
Tangkapan layar
Tangkapan layar

Oase.id - Seorang penjaga keamanan yang disubkontrakkan untuk bekerja di Via Rail Kanada telah diskors sambil menunggu penyelidikan setelah meminta seorang pria Muslim tidak salat di stasiun kereta Ottawa.

CTV News Ottawa pada hari Kamis melaporkan bahwa jemaah, yang mengidentifikasi dirinya hanya sebagai Ahmad, baru saja selesai sholat di lorong kosong ketika penjaga mendekatinya dan berkata, "jangan sholat di sini ... Sholat di luar lain kali."

Ahmad mengatakan kepada saluran berita bahwa insiden tersebut terjadi pada hari Senin di stasiun di ibukota Kanada.

Menurut situs berita Ottawa Citizen, sebuah video insiden yang menjadi viral menunjukkan penjaga dengan rompi keamanannya memberi tahu pria itu bahwa sholatnya mengganggu pengguna stasiun lainnya.

Via Rail mengeluarkan permintaan maaf tanpa pamrih kepada pria itu dan seluruh komunitas Muslim dan menjanjikan penyelidikan penuh dan “tindakan yang tepat” berdasarkan temuannya.

Menyusul pertemuan untuk membahas apa yang digambarkan sebagai "insiden yang disesalkan dan menyedihkan," Via Rail dan Dewan Nasional Muslim Kanada, sebuah kelompok advokasi dan hak-hak sipil, mengeluarkan pernyataan bersama yang mengatakan bahwa kedua pihak telah mengadakan pembicaraan yang konstruktif dan bahwa operator bekerja untuk meningkatkan kebijakan keragaman dan inklusi.

“Pembicaraan terfokus pada tujuan bersama, yaitu untuk memastikan bahwa Via Rail menyediakan lingkungan yang inklusif di mana penumpang dan karyawan merasa aman menjalankan kebebasan beragama, termasuk kemampuan untuk beribadah,” tambah pernyataan itu.

Penjaga itu juga dilaporkan memberi tahu Ahmad, “kami tidak ingin kamu salat di sini. Anda mengganggu pelanggan kami yang lain, oke?

Ahmad mengatakan kepada CTV News bahwa dia merasa terkejut, terluka, dan tidak dihargai.
Dia berkata: “Dia membuatku merasa malu. Saya hanya merasa jijik. Seperti, ini kanada? Ini ibu kota negara? Ini Ottawa?”

Pejabat Via Rail mencatat bahwa perusahaan akan membagikan kebijakan keragaman dan inklusi dengan NCCM dan akan bekerja dengan grup tersebut dalam "perbaikan apa pun yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah insiden ini di masa mendatang."

Perusahaan kereta api juga menunjukkan bahwa mereka mengutuk keras Islamofobia dan perilaku diskriminatif apa pun.

Satpam itu bukan karyawan Via Rail, tetapi seorang juru bicara mengatakan perusahaan telah meminta subkontraktornya untuk mengeluarkannya dari semua kontrak Via Rail sambil menunggu hasil penyelidikan.
NCCM sejak saat itu telah melakukan kontak dengan Ahmad.(arabnews)


(ACF)
TAGs: Salat