5 Bahan Pokok Sehat yang Bisa Disiapkan Selama Bulan Ramadhan

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 27/03/2021
Gambar oleh silviarita dari Pixabay
Gambar oleh silviarita dari Pixabay

Oase.id – Bulan suci Ramadhan hanya tinggal hitungan pekan. Tentunya, banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani ibadah yang sangat ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Mulai dari merapikan barang-barang untuk menunjang kegiatan ibadah sampai persiapan perlengkapan masak untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa.

Selain perlengkapan ibadah dan perlengkapan masak, menyiapkan makanan terbaik selama bulan puasa menjadi hal yang sangat penting agar sehat dan bersemangat selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut beberapa bahan pokok nan sehat yang perlu disiapkan selama bulan Ramadhan:

1. Buah dan Sayuran Beku

Dilansir dari healthline.com, pandemi Covid-19 belum berakhir, masih harus menjaga jarak dan mengurangi berkumpul. Dengan mempersiapkan sayuran dan buah beku selama bulan Ramadhan akan mengurangi potensi terinfeksi virus karena tidak harus berbelanja setiap hari.

Salah satu buah beku adalah stroberi. Stroberi beku dapat digunakan mirip dengan stroberi segar sebagai penambah rasa manis alami pada oatmeal, smoothie, makanan yang dipanggang, dan parfait yogurt untuk menu berbuka.

2. Lemak Sehat

Lemak sehat seperti minyak kelapa, ghee, dan minyak zaitun, dapat disimpan dengan aman pada suhu kamar selama satu tahun atau lebih, namun tergantung pada jenisnya. Memasak dengan lemak sehat ini membantu menambah rasa pada resep dan meningkatkan penyerapan vitamin, mineral, dan antioksidan yang larut dalam lemak dari makanan.

3. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang putih dan bombay dapat disimpan dalam waktu yang lama dan memiliki kegunaan yang sangat banyak untuk berbagai resep. Bawang putih dan bombay juga telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak hal, dan menikmatinya secara teratur dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk kanker tertentu, penurunan mental, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Madu dan Sirup Maple

Sirup madu dan maple adalah pemanis alami yang menawarkan manfaat kesehatan yang unik. Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi serta mengandung antioksidan yang kuat. Sedangkan sirup maple juga kaya akan antioksidan dan mengandung sedikit nutrisi seperti magnesium, kalium, dan mangan. Sirup madu dan maple dapat digunakan untuk menambah rasa pada resep berbuka agar rasanya menjadi lebih manis.

5. Yoghurt Penuh Lemak

Yogurt dingin bisa menjadi salah satu menu berbuka puasa yang bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi yogurt berlemak penuh dapat melindungi dari penyakit jantung dan perkembangan lemak perut yang menjadi faktor penyebab diabetes.

Kebanyakan yoghurt dapat disimpan sampai 3 minggu di lemari es. Namun, masih dapat dinikmati jika melewati tanggal kedaluwarsa selama itu masih terlihat baik, terasa, dan berbau segar.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus