Fakta Menarik Seoul Central Mosque, Salah Satunya menjadi Pusat Makanan Halal

Octri Amelia Suryani - Masjid 09/01/2023
Seoul Center Mosque (Wikipedia)
Seoul Center Mosque (Wikipedia)

Oase.id - Seoul Center Mosque adalah masjid tertua di Korea Selatan. Tepatnya berada di daerah Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Masjid yang didirikan pada tahun 1976 ini merupakan satu-satunya masjid di Seoul. Sebab, diketahui bahwa Islam bukan agama mayoritas di Korea Selatan.

Bangunan masjid ini berwarna putih dengan bagian depannya terdapat menara yang terhubung ke bangunan utama. Menara ini diberi lambang bulan sabit di puncaknya seperti masjid pada umumnya.

Ketika ingin memasuki masjid, para pengunjung langsung di sambut dengan tulisan “Allahu Akbar” pada pintu masuk. Sementara di bagian luar sebelum masuk gerbang ada kalimat syahadat dengan tulisan Korea.

Dengan segala keindahan Seoul Center Mosque, ada beberapa fakta menarik yang telah dirangkum. Antara lain:

1. Dibangun dari donasi pemerintahan Korea dan Arab Saudi

Karena berada di daerah Itaewon, masjid ini dikenal juga dengan masjid Itaewon. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1974 dan digunakan pada tahun 1976. Masjid yang memiliki lahan seluas 5.000 meter persegi juga berdiri dari hasil patungan yang berasal dari beberapa negara Islam.

Selain itu, diketahui bahwa setelah masjid Itaewon dibangun, barulah disusul dengan masjid-masjid lainnya. Pada akhirnya menjadikan penduduk muslim di Korea Selatan meningkat pesat.

2. Terdapat lafaz Allahu Akbar pada Pintu Masuk Utama

Masjid ini akan menyambut para pengunjung dengan desain yang mewah pada pintu masuk utama. Selain bangunan berwarna putih, pada pintu utama memperlihatkan Lafaz Allahu yang didampingi dengan dua menara tinggi yang terdapat pada sisi kiri dan sisi kanan pintu masuk. Hal itu menambah kemegahan masjid. Bukan hanya itu, pada gerbang utama juga terdapat bacaan dua kalimat syahadat dengan menggunakan huruf Hangeul.

3. Terdapat Prince Sultan Islamic School

Sebagai masjid tertua di Korea Selatan, masjid ini juga menjadi pusat syiar Islam. Di dalam masjid terdapat tempat kajian Alquran, Hadis Nabi, dan Ilmu Fiqih yang bernama Prince Sultan Islamic School.

4. Terletak di antara Hangang River dan Namsan Mountain

Seoul Central Mosque didirikan di dataran tinggi seperti perbukitan, sehingga untuk mengunjungi masjid ini harus menapaki sejumlah anak tangga terlebih dahulu. Sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan indah kota serta sungai Hangang dari halaman masjid. Pemandangan yang indah ini akan membuat pengunjung lebih nyaman berada di masjid tersebut.

5. Itaewon menjadi Pusat Makanan Halal Korea Selatan

Nyatanya, Seoul Center Mosque bukan hanya masjid tertua di Korea Selatan, akan tetapi juga menjadi pusat makanan halal. Mudahnya menemukan makanan halal di sini menjadikan Seoul Center Mosque dijuluki sebagai surganya makanan. Sebab, di sepanjang jalan Itaweon banyak restoran berlabel halal yang pemiliknya berasal dari Timur Tengah atau negara Islam lainnya.

Oleh sebab itu, pilihan yang tepat jika pewisata muslim menjadikan Seoul Center Mosque sebagai tempat tujuannya. Bukan hanya untuk beribadah, melainkan juga untuk mencicipi makanan halal yang ada di daerah Itaewon.


(ACF)
TAGs: Masjid