Komisi Warisan Arab Saudi Mendaftarkan 67 Situs Arkeologi Baru

N Zaid - Arab Saudi 26/01/2023
Foto: Alarabiya
Foto: Alarabiya

Oase.id - Komisi Warisan Arab Saudi mengumumkan pendaftaran 67 situs arkeologi baru di Daftar Arkeologi Nasional (NAR), sehingga jumlah total situs bersejarah yang terdokumentasi di seluruh Kerajaan Arab Saudi menjadi 8.531.

Situs baru termasuk 15 yang terdaftar di Wilayah Perbatasan Utara, 13 di Tabuk, 10 di Hail, sembilan di al-Jawf, lima di al-Qassim, masing-masing empat di Riyadh dan Asir, masing-masing tiga di al-Madinah dan al- Baha, dan satu di Mekkah, menurut Saudi Press Agency (SPA).

Komisi Warisan bertujuan untuk mengeksplorasi dan secara resmi merekam situs arkeologi dan sejarah di seluruh Kerajaan di NAR dan meletakkannya di peta digital sehingga mereka dapat dengan mudah mengelola, melindungi, dan melestarikannya.

Komisi juga membangun basis data spasial dari situs arkeologi terdaftar dan mendokumentasikan pekerjaan yang dilakukan di dalam situs bersejarah, serta mengarsipkan dokumen dan foto tempat-tempat tersebut.

Warga juga dapat mendaftarkan situs arkeologi melalui platform “Balagh”, kata komisi itu, seraya menambahkan bahwa masyarakat telah memainkan peran kunci melalui kerja sama dengan kantor dan cabangnya di berbagai wilayah untuk memungkinkan pejabat memiliki akses dan mendaftarkan situs-situs tersebut.(alarabiya)


(ACF)
TAGs: Arab Saudi