Platform Hihome Menawarkan Pengalaman Wisata ke Arab Saudi yang Unik

N Zaid - Arab Saudi 04/02/2023
Platform Hihome Menawarkan Pengalaman Wisata ke Arab Saudi yang Unik
Platform Hihome Menawarkan Pengalaman Wisata ke Arab Saudi yang Unik

Oase.id - Apa cara yang lebih baik bagi wisatawan untuk mengalami budaya asli  dari negara yang mereka kunjungi selain dengan menghabiskan waktu bersama penduduk setempat, idealnya di rumah mereka, dan bergabung dalam kegiatan tradisional sehari-hari mereka.

Hihome, sebuah platform online yang didirikan pada tahun 2019, bertujuan untuk memungkinkan pengunjung ke Arab Saudi, dengan menjembatani kesenjangan antara turis dan penduduk lokal. Selain menyediakan akomodasi, tuan rumah juga dapat menawarkan kegiatan tradisional untuk para tamu sehingga mereka belajar tentang dan merasakan budaya dan warisan lokal secara langsung.

Ini mungkin termasuk menyeduh kopi tradisional Saudi, menyiapkan salah satu resep khusus keluarga tuan rumah, pelajaran kerajinan tangan, memetik buah di pertanian, atau sekadar menghabiskan waktu bersama mendengarkan kisah hidup tuan rumah di negeri itu.

Noura Al-Saadoun, pendiri dan manajer umum Hihome, mengatakan kepada Arab News bahwa filosofi di balik layanan ini didasarkan pada prinsip berinvestasi pada orang-orang Saudi dan rumah mereka, karena mereka menawarkan titik masuk yang bagus bagi pengunjung untuk mempelajarinya yaitu budaya negara, wilayah yang lebih luas, dan untuk terlibat dengan orang-orangnya.

Dia mengatakan ide untuk itu datang kepadanya setelah mengunjungi beberapa negara asing yang memiliki platform serupa dan menemukan bahwa pengalaman yang mereka tawarkan memberikan kesan yang baik bagi para pelancong. Jadi ketika Arab Saudi mengumumkan pada tahun 2019 yang menawarkan visa turis untuk pertama kalinya, Al-Saadoun menyadari bahwa ini adalah kesempatan sempurna untuk meluncurkan layanan yang dapat memperkenalkan pengunjung pada keindahan dan keragaman negeri dengan memberi mereka pengalaman Saudi yang otentik di rumah keluarga setempat.

Dia mengatakan bahwa saat ini ada lebih dari 500 tamu dan tuan rumah yang terdaftar di platform tersebut, dan lebih dari 80 pengalaman terdaftar yang telah menghasilkan “tanggapan luar biasa” dari para tamu.

“Apa yang menegaskan ini adalah pesan yang mereka kirimkan kepada kami, yang berisi foto dan pendapat mereka tentang pengalaman tersebut, dan kami bangga untuk mempublikasikan umpan balik ini di situs web kami untuk menunjukkan betapa senangnya kami menjamu mereka di salah satu pengalaman Hihome kami,” kata Al Saadoun.

Dalam ulasannya, Stefaniic, seorang turis dari Jerman, mengatakan: “Saya pikir saya telah berkeliling dunia, dan saya telah berada di mana-mana, tetapi saya belum pernah ke Arab Saudi. Ini adalah rumah keluarga pertama yang saya kunjungi di negara ini, dan saya memberi tahu Anda apa… Saya menyukainya. Orang-orangnya sangat ramah, sangat baik. Mereka sangat murah hati. Anda harus datang ke sini.”

Pengguna Hihome lainnya, Mia dari Tiongkok, menggambarkan pengalamannya sebagai “hari-hari yang tak terlupakan yang tidak dapat dilupakan.” Dia menambahkan bahwa sangat menarik untuk mengunjungi sebuah rumah di Riyadh, melihat semua dekorasi, desain, dan ruang terbukanya, serta berbicara dengan orang-orang yang ramah di sana.

“Hal yang paling indah adalah bahwa komunikasi antara tamu dan tuan rumah tidak berakhir dengan pengalaman… sebaliknya, persahabatan terbentuk di antara mereka, melalui pertukaran pengetahuan tentang budaya yang berbeda terjadi antara kedua pihak,” tambahnya.

Proses pendaftarannya sederhana, kata Al-Saadoun; tuan rumah cukup membuat daftar di situs web Hihome yang menyertakan deskripsi dan foto pengalaman dan ruang, serta harga.

Tim situs meninjau semua daftar dan menyarankan perubahan apa pun yang mungkin diperlukan, dan kemudian ditayangkan. Situs ini juga menawarkan dukungan dan saran tuan rumah untuk membantu mereka mengembangkan dan memasarkan pengalaman mereka.

“Kami merasa terhormat menjadi tuan rumah bagi orang-orang dari beberapa negara, antara lain Jerman, Jepang, Amerika, Arab Saudi, Meksiko, India, Mesir, Afrika Selatan, Australia, Kanada, Ukraina, Skotlandia, Singapura, dan Brasil,” Al- kata Saadoun.


(ACF)
TAGs: Arab Saudi