Bersiap Hadapi Ujian, Bacalah Doa ini Agar Dimudahkan dan Dapat Hasil Memuaskan

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari 09/06/2021
Gambar oleh Felix Wolf dari Pixabay
Gambar oleh Felix Wolf dari Pixabay

Oase.id - Berdoa merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang manusia untuk memohon, meminta, bahkan berkeluh kesah kepada Allah SWT. Termasuk saat menghadapi ujian.

Saat menghadapi ujian, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar kita bisa melewati ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain menyiapkan materi yang dibutuhkan, kita juga dianjurkan untuk membaca doa.

Doa-doa ini baik diamalkan saat menghadapi tes CPNS, ujian sekolah, maupun mengikuti seleksi lowongan pekerjaan.

Sebagai umat Islam, pada dasarnya berdoa sebelum melakukan sesuatu bertujuan agar senantiasa diberi rahmat oleh Yang Maha Kuasa. Waktu yang tepat untuk memanjatkan doa adalah sebelum belajar.

Memanjatkan doa agar diberikan ilmu dan pengetahuan luas sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Rasulullah setiap menerima wahyu selalu berdoa agar diberikan ilmu yang bermanfaat.

Dalam Al-Quran Surah Thaha, Allah SWT berfirman:

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Artinya: Dan katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS. Thaha: 114)

Ibnu Uyaynah menjelaskan, Nabi Muhammad ﷺ terus-menerus mendapat tambahan ilmu hingga Allah SWT mewafatkannya. Oleh karena itu, di dalam sebuah hadis disebutkan bahwa:

إِنَّ اللَّهَ تَابَعَ الْوَحْيَ عَلَى رَسُولِهِ، حَتَّى كَانَ الْوَحْيُ أَكْثَرَ مَا كَانَ يَوْمَ تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Sesungguhnya Allah menurunkan wahyu kepada Rasul-Nya secara berturut-turut, sehingga wahyu banyak diturunkan di hari-hari beliau menjelang wafatnya.

Karena berdoa telah diajarkan dalam Islam, maka sebelum mengerjakan ujian, bacalah doa berikut ini agar dimudahkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan:

Doa Nabi Muhammad ﷺ:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا علَّمتني، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Atinya: Ya Allah, berilah aku manfaat melalui ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan, dan segala puji bagi Allah dalam semua keadaan.

Doa Nabi Musa

Doa Nabi Musa AS ini terdapat dalam Alquran Surat Thaahaa ayat 25-28, yang berbunyi:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي - وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي - وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي - يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Doa Nabi Ibrahim

رَبِّ هَبْ لِيْ حُكْمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَۙ

Artinya: Ya Rabbku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh. (QS. Asy Syuara: 83)

Doa Diberi Kemudahan

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.

Doa Diberi Tambahan Ilmu

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً
رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Artinya: Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berikanlah aku pengertian yang baik.

Doa Minta Dibukakan Ilmu

الّلهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا فُتُوْحَ الْعَارِفيْنَ بِحِكْمَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَاالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ

Artinya: Ya Allah,bukakanlah bagiku sebagaimana terbukanya orang-orang yang arif dengan ilmu kebijaksanaan-Mu,dan curahkanlah untukku akan rahmat-Mu dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan wahai Zat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan.

Semoga Allah SWT mengabulkan setiap doa-doa yang kita panjatkan kepada-Nya. Amin YRA....


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus