3 Makanan Probiotik Super Sehat Serta Manfaatnya

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 15/04/2021
Photo by Life Of Pix from Pexels
Photo by Life Of Pix from Pexels

Oase.id – Mengonsumsi makan sehat saat sahur dan berbuka menjadi hal penting untuk menjadi tubuh tetap sehat selama bulan suci Ramadhan. Salah satu usaha agar tubuh tetap sehat adalah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi.

Probiotik biasanya merupakan bakteri menguntungkan dan memberikan segala macam manfaat yang kuat untuk tubuh dan otak. Probiotik juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi depresi dan meningkatkan kesehatan jantung. Dilansir dari healthline.com, berikut 3 makanan probiotik dan manfaat mengonsumsinya :

1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu sumber probiotik terbaik, yaitu bakteri ramah yang dapat meningkatkan kesehatan. Mengonsumsi yogurt dapat dikaitkan dengan meningkatnya kesehatan tulang dan membantu menjaga tekanan darah.

2. Tempe

Tempe adalah produk kedelai yang di fermentasi. Proses fermentasi dari tempe merupakan cara pembentukan nutrisi pada tempe, dalam proses ini akan meningkatkan jumlah mineral yang dapat diserap oleh tubuh. Fermentasi juga menghasilkan beberapa vitamin B12, nutrisi yang tidak dikandung kedelai. Olahan tempe juga bisa menjadi pengganti daging yang berprotein tinggi.

3. Kimchi

Kimchi adalah makanan Korea yang di fermentasi dan pedas. Kubis biasanya menjadi bahan utama, tapi bisa juga dibuat dari sayuran lain. Kimchi mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus kimchi, serta bakteri asam laktat lainnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain itu, kimchi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, riboflavin (vitamin B2), dan zat besi.

Manfaat kesehatan yang didapatkan saat mengonsumsi probiotik setiap hari.

Menyeimbangkan sistem pencernaan

Manfaat menyeimbangkan sistem pencernaan dihasilkan dari kemampuan probiotik untuk mengembalikan keseimbangan alami bakteri pada usus. Ketidakseimbangan berarti ada terlalu banyak bakteri jahat dan tidak cukup bakteri baik. Jika hal ini terjadi bisa akan muncul masalah pencernaan, alergi, masalah kesehatan mental dan obesitas.

Menjaga kesehatan jantung

Probiotik juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan menurunkan kolesterol LDL ("jahat") dan tekanan darah. Sebuah studi yang berjudul The effect of a probiotic milk product on plasma cholesterol: a meta-analysis of short-term intervention studies menemukan bahwa makan yogurt probiotik selama 2-8 minggu mengurangi kolesterol total sebesar 4% dan kolesterol LDL sebesar 5%.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan dan menghambat pertumbuhan bakteri usus berbahaya menjadi salah satu manfaat mengonsumsi probiotik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik mampu meningkatkan produksi antibodi alami dalam tubuh. Selain itu, Probiotik Lactobacillus crispatus juga telah terbukti mengurangi risiko infeksi saluran kemih (ISK) pada wanita hingga 50%. 


(ACF)