Haji 2020 Hanya Boleh Dilaksanakan Sekitar 1.000 Jemaah

Medcom.id - Haji Milenial 23/06/2020
Photo by AFP
Photo by AFP

Oase.id- Arab Saudi akan mengizinkan sekitar 1.000 jemaah untuk melaksanakan ibadah haji terbatas tahun ini. Hal tersebut disebutkan oleh Menteri Haji Arab Saudi Mohammad Benten.

Angka jemaah dikurangi karena pandemi virus korona yang merebak saat ini. Sebelumnya Pemerintah Arab Saudi sudah mengumumkan bahwa warga negara asing yang sudah berada di Negeri Petrodolar itu akan diperbolehkan untuk melakukan ibadah haji.

"Jumlah jemaah akan sekitar 1.000. Mungkin lebih sedikit...mungkin lebih sedikit," Menteri Haji Mohammad Benten, melansir Medcom.id, Selasa, 23 Juni 2020.

"Jumlahnya tidak akan mencapai puluhan atau ratusan ribu tahun ini,” tambahnya.

Keputusan membatasi haji dilakukan saat Saudi berupaya mengendalikan penyebaran covid-19, yang saat ini sudah melonjak mencapai sekitar 160 ribu kasus dengan lebih dari 1.000 kematian.

 

Langkah Saudi akan menjadi berita baik bagi umat muslim yang khawatir ibadah haji tahun ini akan sepenuhnya dibatalkan.

Sekitar 2,5 juta warga Muslim melakukan haji tahun lalu, tetapi skala dan penyebaran covid-19 yang sedang berlangsung di seluruh dunia menyebabkan orang tidak akan dapat melakukan perjalanan ke Kerajaan untuk ambil bagian.

Kementerian Haji mengatakan prioritas utama Arab Saudi adalah untuk selalu memungkinkan jamaah Muslim dapat melakukan haji dan umrah dengan aman dan nyaman.


(FER)