7 Makanan Berserat Tinggi ini Cocok untuk Mempersiapkan Puasa

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 19/03/2021
Gambar oleh Kevin Phillips dari Pixabay
Gambar oleh Kevin Phillips dari Pixabay

Oase.id – Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, dapat membantu saluran pencernaan menjadi sehat. Selain itu, serat juga mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh dan melawan sembelit. Hal ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mempersiapkan diri menjelang bulan suci Ramadhan yang kurang dari satu bulan lagi.

Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi setiap hari, atau sekitar 24 gram serat untuk wanita dan 38 gram serat untuk pria. Dilansir healthline.com, berikut makanan yang mengandung serat tinggi untuk menjaga agar saluran pencernaan tidak bermasalah saat menjalani ibadah puasa Ramadhan:

1. Pisang

Pisang merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kandungan serat: 3,1 gram pada pisang ukuran sedang, atau 2,6 gram per 100 gram. Cobalah mengonsumsi pisang dalam bentuk sandwich dengan selai kacang untuk mendapatkan manfaat protein juga.

2. Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin K yang tak kalah tinggi dengan seratnya. Selain kandungan vitamin B6, magnesium, dan beta karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A bagus untuk mata. Kandungan serat: 3,6 gram dalam 1 cangkir wortel mentah, atau 2,8 gram per 100 gram.

3. Ubi Jalar

Ubi dengan rasa manis mengandung beta karoten yang sangat tinggi. Ubi juga mengandung vitamin B dan berbagai mineral. Mengonsumsi ubi di pagi hari bisa menjadi pengganti roti untuk menjadi menu sarapan. Kandungan serat: Ubi jalar rebus ukuran sedang (tanpa kulit) memiliki serat 3,8 gram, atau 2,5 gram per 100 gram.

4. Biji Chia

Biji chia ini populer di kalangan para pegiat diet karena mengandung serat tinggi untuk membantu menurunkan berat badan. Selain mengandung serat, biji chia juga memiliki magnesium, fosfor, dan kalsium dalam jumlah tinggi. Kandungan serat: 9,75 gram per ons biji chia kering, atau 34,4 gram per 100 gram.

5. Oat

Oat sangat tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan. Serat larut yang kuat yang disebut beta glukan memiliki efek menguntungkan pada kadar gula darah dan kolesterol. Kandungan serat: 16,5 gram per cangkir gandum mentah, atau 10,1 gram per 100 gram.

6. Brokoli

Kandungan vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B, kalium, zat besi, mangan, dan antioksidan yang terdapat pada brokoli ampuh untuk melawan sel kanker. Brokoli juga relatif memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan serat: 2,4 gram per cangkir, atau 2,6 gram per 100 gram.

7. Buncis

Selain serat, buncis juga mengandung mineral dan protein yang tinggi. Cara mengonsumsi buncis cukup mudah bisa dikonsumsi seperti salad atau dicampur dengan roti gandum. Kandungan serat: 12,5 gram per cangkir buncis matang, atau 7,6 per 100 gram.


(ACF)