5 Khasiat Teh Hijau dengan Lemon untuk Kesehatan

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 13/06/2021
 Photo by Charlotte May from Pexels
Photo by Charlotte May from Pexels

Oase.id – Teh hijau dengan jus lemon merupakan minuman yang menenangkan dan dapat dinikmati kapan saja. Selain menyegarkan dan mudah disiapkan, minuman ini juga sangat bergizi hingga mampu menjaga kesehatan tubuh.

Sebagai umat Islam, menjaga kesehatan penting untuk menunjang ibadah kepada Allah SWT, seperti yang diriwayatkan Abu Hurairah :

Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah ﷺ pernah berkata, “Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada yang lemah, dan keduanya baik. Teruslah mengejar apa yang menguntungkan bagi kamu, cari bantuan hanya dari Allah, dan jangan menyerah. Jika ada sesuatu keburukan yang menimpa, jangan katakan, 'Kalau saja saya melakukan sebaliknya'. Alih-alih katakan, 'Allah memiliki tekad dan melakukan apa yang Dia kehendaki,' kalimat 'jika' membuka pintu untuk setan". (HR Al-Bukhari)

Maka dari itu penting bagi umat muslim untuk tetap menjaga kesehatannya, dilansir dari healthline.com, berikut merupakan 5 manfaat kesehatan dari teh hijau dengan lemon:

1. Kaya antioksidan

Teh hijau dan lemon keduanya tinggi antioksidan, senyawa yang membantu melindungi terhadap peradangan dan kerusakan sel akibat oksidasi. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG) sedangkan lemon adalah asam askorbat. Beberapa penelitan menunjukan bahwa kandungan dalam teh hijau dan lemon mampu melindungi terhadap kondisi kronis seperti jantung, diabetes, kanker hingga obesitas.

2. Penurunan berat badan

Teh hijau dengan lemon bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang sehat. Faktanya teh hijau dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak. Studi tahun 2016 pada 115 wanita juga menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu menyebabkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, dan lemak perut yang signifikan.

3. Melindungi dari diabetes

Menariknya, teh hijau dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi terhadap diabetes tipe 2. Minum teh secara teratur juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien. Insulin merupakan hormon yang memindahkan gula dari aliran darah ke dalam sel.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dan lemon dikaitkan dengan kesehatan jantung. Sebuah penelitian tentang Effect on Blood Pressure of Daily Lemon Ingestion and Walking menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemon setiap hari mengalami penurunan tingkat tekanan darah dan diiringi dengan berjalan dengan teratur.

5. Meningkatkan kekebalan

Lemon merupakan sumber vitamin c yang sangat baik, kandung mikronutriennya yang larut dalam air dan sifat antioksidan yang kuat. Vitamin C berperan dalam sistem kekebalan dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sel kekebalan. Selain itu, kandungan vitamin C juga mampu mengobati dan mencegah berbagai jenis infeksi pernapasan dan sistemik.


(ACF)