Pahala Berlipat Ganda, Berikut 4 Amalan Sunah di Hari Jumat

Phooby Kamaratih - Inspirasi 25/05/2021
 Photo by SHAHBAZ AKRAM from Pexels
Photo by SHAHBAZ AKRAM from Pexels

Oase.id – Jumat merupakan hari yang dimuliakan, selain itu seluruh laki-laki muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah salat Jumat. Banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat untuk memperoleh pahala berlipat ganda dan keberkahan dari Allah Swt. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, sahabat Abu Hurairah yang mendengar bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam bersabda:

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim)

Berikut beberapa amalan Sunnah yang dikerjakan pada hari Jumat :

1. Membaca surat Al-Kahfi

Diriwayatkan oleh ad-Darimi dari Abu Sa’id al-Khudhri,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْق

“Barang siapa membaca membaca al-Kahfi pada malam Jumat, niscaya cahaya akan meneranginya antara dirinya hingga ke Baitul Atiq (Ka’bah).” ad-Darimi hadits no: 3407.

Selain itu, dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, Nabi ﷺ bersabda :

“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at ia akan diterangi cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit pada hari Kiamat, dan diampuni dosanya di antara dua Jumat.”

2. Berdoa dan berdzikir

Berdzikir merupakan ibadah yang dianjurkan agar selalu mengingat Allah SWT. Sebagaimana dalam Firman Allah SWT pada surat Al-Baqarah ayat 152 :

فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ

Artinya : “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi ﷺ Bersabda :

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba Muslim melaksanakan sholat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu."

3. Memperbanyak sholawat

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.” (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

4. Mandi dan menyucikan diri

Menjaga kebersihan dan suci merupakan salah satu hal wajib dalam menjalankan ibadah ke Allah SWT. Namun, pada hari Jumat Umat Muslim disunahkan untuk mandi sebelum melaksanakan Ibadah terutama salat Jumat. Sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya: Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Jika salah seorang kalian mendatangi salat jumat hendaklah ia mandi." (HR. Bukhari) [ No. 877 Fathul Bari] Shahih.


(ACF)
TAGs: Inspirasi