4 Tips Berolahraga dengan Aman di Bulan Ramadhan

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 14/04/2021
Photo by Karolina Grabowska from Pexels
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Oase.id – Selama bulan Ramadhan umat muslim di seluruh dunia harus menahan diri dari makanan, minuman serta hawa nafsu, mulai dari matahari terbit hingga terbenamnya matahari. Selain mengonsumsi makanan bergizi, kita juga dianjurkan berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bersemangat selama menjalani ibadah puasa.

Berolahraga selama bulan Ramadhan memiliki manfaat baik untuk kesehatan, mulai dari penurunan tekanan darah hingga mencegah penambahan berat badan dan mempertahankan daya tahan tubuh. Dilansir dari fusioncardiotoronto.com, berikut tips untuk berolahraga selama Ramadhan tanpa rasa lelah dan cedera:

1. Konsultasi dengan ahli

Berolahraga saat berpuasa memang memiliki risiko yang tinggi. Maka dari itu, untuk memulai rangkaian olahraga selama bulan Ramadhan, terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi dengan dokter terpercaya. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera selama olahraga berlangsung dan agar dapat memantau tujuan berolahraga.

2. Olahraga dengan intensitas rendah

Lakukan latihan fisik dengan intensitas rendah antara 15 hingga 30 menit sebelum waktu berbuka atau. Latihan yang dapat dilakukan seperti yoga, berjalan kaki, beban tangan sambil berdiri atau duduk. Jika ingin berolahraga sendiri dan jauh dari rumah tetaplah terhubung dengan ponsel agar dapat meminta bantuan saat tubuh terasa sangat lemah.

3. Berolahraga setelah makan

Cobalah untuk berolahraga setidaknya 60 menit setelah makan agar tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan. Namun, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tubuh siap untuk berolahraga setelah makan adalah dengan merasakan bagaimana kondisi tubuh terhadap makanan yang sedang dicerna.

Untuk membantu mengurangi perasaan kelelahan setelah makan, berbukalah dengan camilan ringan yang dikemas dengan nutrisi dan memberikan energi seperti kurma, kacang-kacangan, oatmeal, dan buah-buahan.

4. Minumlah banyak air saat berbuka puasa

Agar saat berolahraga tubuh tetap dalam keadaan hidrasi, CanFitPro menyarankan minum 250 hingga 500 ml air satu jam sebelum berolahraga, 125 hingga 250 ml setiap 10 hingga 15 menit selama olahraga, dan 500 ml untuk setiap pon penurunan berat badan setelah berolahraga. Mengonsumsi air akan membantu mencegah dehidrasi, panas berlebih, dan membantu meningkatkan metabolisme, air sangat penting untuk latihan yang efektif.


(ACF)