Sekjen PBB Ucapkan Selamat Idulfitri untuk Seluruh Muslim di Dunia

Medcom.id - Idulfitri 2020 24/05/2020
Photo by AFP
Photo by AFP

Oase.id- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan ucapan selamat Idulfitri kepada seluruh umat Muslim dunia. Dia berharap masyarakat dunia belajar banyak dari Ramadan tahun ini.
 
"#EidMubarak untuk semua orang yang merayakannya! Mari kita belajar dari Ramadan tentang belas kasihan, kasih sayang, saling menghormati, dan pengertian," kata Guterres lewat akun Twitter, dilansir dari IRNA, Minggu 24 Mei 2020.

Dia juga berpesan agar solidaritas dan persatuan antarwarga dunia terus diperkuat. Terlebih di tengah pandemi virus korona (Covid-19) saat ini.

"Sekarang lebih dari sebelumnya. Solidaritas dan persatuan harus menjadi prinsip panduan kami," serunya.

 

Dalam pesan terpisah, Sekjen PBB merujuk pada wabah virus korona yang kini mulai merambah hingga ke Afrika. Dia mengatakan mengakhiri virus tersebut di Afrika sangat penting untuk menghentikan pertumbuhan Covid-19 di dunia.
 
"Dukungan internasional, termasuk keringanan utang kritis, saat ini sangat dibutuhkan," imbuhnya.
 
Saat ini, semua umat Muslim di seluruh dunia merayakan Idulfitri. Namun, tahun ini Idulfitri dirayakan di tengah wabah Covid-19.
 
Banyak masyarakat di dunia tidak bisa melakukan salat Idulfitri di masjid karena aturan jaga jarak yang ditetapkan pemerintah masing-masing negara. Seperti di Indonesia, masyarakat juga diminta untuk tidak mudik ke kampung halaman karena kasus positif Covid-19 yang terus bertambah setiap hari.
 
Berdasarkan penghitungan John Hopkins University pada 24 Mei 2020, kasus konfirmasi covid-19 di dunia mencapai 5.309.142 dengan angka kematian sebanyak 340.875, dan angka sembuh 2.112.017.


(SBH)