Berbagai Manfaat Chia Seeds yang Wajib Diketahui

Phooby Kamaratih - Yoga Permana Dwi Putranto Tips Kesehatan 21/02/2021
Gambar oleh ValeriaLu dari Pixabay
Gambar oleh ValeriaLu dari Pixabay


Oase.id - Saat ini chia seed semakin populer dan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Chia seed merupakan biji-bijian yang berkembang di Amerika Tengah, berasal dari gurun Salvia hispanica dan masih satu jenis dengan tanaman mint.

Chia seeds biasa digunakan sebagai campuran sereal, yogurt, atau minuman sehat lainnya. Biji chia seeds mengandung omega 3, serat, antioksidan, zat besi, dan kalsium.

Selain dipercaya bisa menurunkan berat badan, chia seeds diyakini memiliki sejumlah manfaat lain. Berikut, tiga diantaranya seperti dinukil dari medicalnewstoday.com

1. Menurunkan berat badan 
Serat yang dikandung chia seeds akan membuat orang merasa kenyang lebih lama dan terbukti dapat menurunkan berat badan. Satu sendok makan chia seeds mengandung setidaknya 5 gram serat dan tinggi asam lemak omega-3 dan asam alfa-linoleat yang dapat membantu menurunkan berat badan. 

2. Mencegah peradangan usus
Diet tinggi serat telah terbukti mengurangi peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula dengan menyerap air di usus besar dan membuat pergerakan usus lebih mudah untuk dilewati.

"Mengonsumsi makanan yang sehat dan dipenuhi serat dengan banyak buah dan sayuran dapat mengurangi tekanan dan peradangan di usus besar," kata ahli pengobatan herbal Dr. Debra Rose Wilson. 

3. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol 
Meningkatkan asupan serat terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Sebuah jurnal “cholesterol-lowering effects of dietary fiber: a meta-analysis” menemukan bahwa meningkatkan asupan serat sebanyak 10 gram per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. 

"Dengan cara mengonsumsi serat dengan baik akan mengurangi kondisi terkait dengan peradangan,” ujarnya.

Kendati dipercaya bagus untuk kesehatan karena kaya nutrisi, tapi chia seeds juga menyimpan bahaya, terutama saat di konsumsinya. Berikut, 5 bahaya yang mengintai Anda apabila mengonsumsi chia seeds secara berlebihan:

1. Nyeri perut
2. Diare
3. Kembung
4. Sembelit


(ACF)