Masjid Cut Meutia Jakpus Gelar Salat Jumat Mulai Hari Ini

Medcom.id - Masjid 05/06/2020
Photo by Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Photo by Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Oase.id- Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, mulai membuka aktivitas salat Jumat hari ini, 5 Juni 2020. Protokol kesehatan diutamakan.

"Jemaah datang dicek suhu badan. Ada alat lengkap, alat cuci tangan ada. Ada empat tempat duduk jemaah di luar masjid samping dan belakang. Wudu dibatasi enggak langsung ramai," kata Sekretaris Yayasan Majid Cut Meutia, M Ashraf Ali, melansir Medcom.id, Jumat, 5 Juni 2020.

Dia menuturkan jaga jarak para jemaah saat salat juga diatur. Jemaah wajib menggunakan masker saat beribadah.

 

"Masuk masjid diatur safnya, jarak satu meter antarjemaah. Di depan kosong posisi silang sehingga ketika sujud kepala jemaah tak saling menyentuh kaki di belakangnya karena posisi silang," ujar Ashraf.

Jemaah yang datang dibatasi sekitar 500 sampai 1.000 orang. Pihak masjid akan meminta masyarakat mencari tempat lain bila sudah penuh.

Masjid akan dibuka 30 menit sebelum azan berkumandang. Pelaksanaan salat Jumat ditargetkan selesai dalam 30 menit. Masjid ditutup setelah 30 menit salat selesai.

Ashraf menjamin ibadah kali ini bebas penyebaran virus korona (covid-19). Lantai masjid juga sudah dibersihkan dengan disinfektan.

"Sebelum dan setelahnya dibersihkan disinfektan, karena tidak gunakan karpet. Mudah-mudahan semua jemaah bisa ikuti ketetapan ini," tutur Ashraf.

Ashraf mengatakan keputusan membuka kembali aktivitas salat Jumat sesuai keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Ahmad Patria sempat meninjau kesiapan pelaksanaan salat Jumat pagi.


(FER)
TAGs: Masjid