4 Jenis Kesabaran dan Keutamaannya

Phooby Kamaratih - Inspirasi 13/06/2021
 Photo by RODNAE Productions from Pexels
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Oase.id – Sabar secara istilah adalah menahan diri dari segala bentuk kesulitan dan kesedihan atau menahan diri dalam menghadapi sesuatu yang tidak disukai. Dalam Firman Allah pada Surat Al-Baqarah : 153 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Lalu dalam kitab Matan Tanqihul Qaul, Imam Nawawi menjelaskan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Sabar itu ada empat macam; sabar dalam menjalankan fardu, sabar dalam menghadapi musibah, sabar menghadapi gangguan manusia, dan sabar dalam kefakiran."

Dari hadis di atas, Imam Nawawi menjelaskan kembali dalam kitabnya yaitu Matan Tanqihul Qaul:

1. Menjalankan fardhu

Terkadang, beberapa ibadah bisa saja memberatkan seperti puasa hingga pergi menunaikan haji. Walaupun terasa berat, sebagai umat muslim harus tetap bersabar dan terus melaksanakan kewajibannya dalam beribadah kepada Allah SWT.

Nabi ﷺ bersabda, "Sabar itu salah satu wasiat dari beberapa wasiat Allah ta'ala di bumi, barangsiapa menjaganya maka dia selamat dan barangsiapa menyia-nyiakannya maka dia celaka."

2. Menghadapi musibah

Rasulullah bersabda, "Jika Allah mencintai seorang hamba maka dia akan mencobanya dengan cobaan yang tidak ada obatnya. Jika dia sabar maka Allah memilihnya dan jika dia ridha maka Allah menjadikannya pilihan."
Tingkat selanjutnya adalah sabar dalam menghadapi musibah, ini bisa berupa bencana alam, kehilangan suatu benda, kecelakaan begitu pula dengan suatu wabah.

3. Menghadapi gangguan manusia

Setiap manusia pasti hidup bertetangga dan sering kali hidup berdampingan akan muncul konflik. Sebagai umat muslim yang taat, dalam situasi apapun dianjurkan untuk bersabar karena buah dari itu adalah ridha Allah SWT. Seperti dalam hadits, Nabi ﷺ bersabda, "Tidaklah seorang hamba menahan sesuatu yang lebih utama di sisi Allah selain menahan kemarahan karena mengharapkan ridha Allah taala."

4. Dalam kefakiran

Jika dalam usaha untuk memperoleh hidup yang baik masih juga dari harapan, maka bersabar lah niscaya pahala besar dari Allah SWT ganjarannya. Nabi Muhammad saw bersabda, "Sabar sesaat itu lebih baik dari dunia seisinya."

2 Keutamaan Sabar

Allah SWT memerintahkan langsung kepada umatnya untuk selalu bersabar dalam keadaan apapun. Maka dari itu ada keutamaan yang akan diperoleh dari sifat sabar yang diterapkan antara lain:

1. Ladang pahala

Firman Allah dalam surat Az Zummar ayat 10 yang berbunyi :

قُلۡ يٰعِبَادِ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اتَّقُوۡا رَبَّكُمۡ‌ ؕ لِلَّذِيۡنَ اَحۡسَنُوۡا فِىۡ هٰذِهِ الدُّنۡيَا حَسَنَةٌ ‌ ؕ وَاَرۡضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ ‌ ؕ اِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوۡنَ اَجۡرَهُمۡ بِغَيۡرِ حِسَابٍ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu." Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.

Allah SWT akan memberikan balasan yang luar biasa untuk hambanya berupa pahala yang tiada batas bagi mereka yang selalu sabar dalam menghadapi ujian.

2. Dicintai Allah SWT

Sabar salah satu tindakan yang mulia dan disukai Allah SWT, oleh karena itu siapapun orang yang selalu menerapkan dan mengusahakan kesabaran dalam menjalani kehidupannya akan lebih dicintai dan dekat dengan Allah SWT. QS. Ali 'Imran Ayat 146 :

وَكَاَيِّنۡ مِّنۡ نَّبِىٍّ قٰتَلَ ۙ مَعَهٗ رِبِّيُّوۡنَ كَثِيۡرٌ ۚ فَمَا وَهَنُوۡا لِمَاۤ اَصَابَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ وَمَا ضَعُفُوۡا وَمَا اسۡتَكَانُوۡا ‌ؕ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيۡنَ

Artinya: “Dan berapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.”


(ACF)
TAGs: Inspirasi