5 Manfaat Kebiasaan Sehat ala Nabi Muhammad yang Wajib Ditiru

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 24/05/2021
 Photo by Monstera from Pexels
Photo by Monstera from Pexels

Oase.id – Bukan hanya perihal tata cara beribadah kepada Allah SWT yang Rasulullah ﷺ ajarkan kepada umatnya tetapi juga berbagai hal tentang kebiasaan dalam hidup, salah satunya pola makan sehat.

Nabi Muhammad ﷺ mencontohkan kebiasaan sehat untuk menunjang semangat dalam beribadah. Kebiasaan yang dicontohkan oleh Rasulullah mulai dari porsi hingga waktu hingga memberikan pengaruh besar pada kesehatan tubuh.

Dilansir dari thedailycrisp.com¸ Berikut 5 kebiasaan sehat ala Rasulullah ﷺ:

1. Bangun pagi lebih awal

Rasulullah ﷺ tidur lebih awal dan bangun dengan Adzan Subuh setiap hari. Bangun pagi secara teratur akan membuat tingkat produktivitas dan kesehatan mental lebih baik. Walaupun bangun pagi cukup sulit tetapi mencoba untuk bangun 15 menit lebih awal akan memberikan manfaat pada kualitas hidup.

2. Makan perlahan

Tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang. Makan dengan perlahan akan membantu tubuh makan lebih sedikit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Dalam hadis, Nabi ﷺ bersabda:

"Kecilkan suapan dan baguskan mengunyahnya." Dalam berbagai riwayat juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ mengunyah makanannya sebanyak 33 kali.”

3. Makan bersama-sama

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ menyarankan makan secara berjamaah;

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau  bersabda, “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya”. Beliau bersabda, “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya.” (H.R. Abu Daud)

Makan secara bersama-sama akan lebih menikmati dan mensyukuri apa yang sedang di makan dan terbukti dapat mengurangi stres, meningkatkan hubungan keluarga dan romantis, serta membangun kebiasaan makan yang sehat dalam diri anak-anak.

4. Minum

Jangan minum air dalam satu tarikan nafas, tetapi minumlah dalam dua atau tiga tarikan nafas', adalah cara Muhammad (ﷺ) meminum air. Anas bin Malik radhiallahu’anhu menceritakan :

كان رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ يتنفَّسُ في الشرابِ ثلاثًا ، ويقول : ( إنه أَروى وأبرأُ وأَمرأُ )

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bernafas tiga kali ketika minum. Dan beliau bersabda: ‘Sesungguhnya dengan begini haus lebih hilang, lebih lepas dan lebih enak‘” (HR. Al Bukhari 5631, Muslim 2028, dan ini adalah lafadz Muslim).

Kebiasaan ini ternyata sudah teruji, membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat mereka dapat mengalami sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit darah dan terkadang juga pusing.

5. Puasa

Dengan berpuasa dapat membantu tubuh menjaga pola makan dan tentunya memberikan dampak besar untuk kesehatan. Rasulullah ﷺ melakukan ibadah puasa tidak hanya di bulan Ramadhan, melainkan di bulan bulan setelahnya seperti puasa sunah Senin dan Kamis, puasa Sunnah Ayyamul Bidh. Berpuasa telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.


(ACF)