Merawat Semangat Berbagi bersama Mudahebat_id

Phooby Kamaratih - Komunitas Anak Muda 19/02/2020
Photo from @Mudahebat_id
Photo from @Mudahebat_id

Oase.id– Berbagi dengan sesama merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan. Kesadaran berbagi yang dirawat dan digerakkan secara personal maupun komunitas sudah nyaris pasti akan memberi manfaat bagi masyakarat yang membutuhkan. 

Salah satunya, seperti yang dilakukan komunitas Mudahebat_id. Meskipun terlihat sederhana, namun fokus kegiatan berbagi nasi bungkus yang mereka lakukan cukup dirasakan kemaslahatannya bagi warga Bekasi dan sekitarnya.

 

Puluhan relawan

Komunitas Mudahebat_id berdiri pada 1 April 2017. Gerakan yang dicetuskan pertama kali oleh Muhammad Fikri Aziz Adnan dan Granito Arighi Prabawanta tersebut, kini sudah diikuti puluhan sukarelawan. 

Bahkan, Humas Mudahebat_id Afif Fadhlu Rohman mengatakan, relawan yang tergabung berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. 

Baca: Intrachange, Komunitas Edukasi Keselamatan Bertransportasi

 

“Kami sudah memiliki 11 pengurus inti dan 88 volunteers yang tergabung dari kalangan mahasiswa hingga para pekerja," kata Afif kepada Oase.id pada Rabu, 19 Februari 2020. 

 

Kegiatan 

Selain berbagi nasi bungkus, Mudahebat_id juga mengagendakan banyak kegiatan dan proyek sosial. 

"Ada juga program Berbagi Pakaian Layak Pakai (Buka lapak). Namun yang paling sering diagendakan adalah kegiatan Shubuh Berbagi (Shuber) yang dilaksanakan setiap Sabtu dan Selasa di Masjid Al Barkah, Kota Bekasi," kata Afif. 

Selain kegiatan reguler, Mudahebat_id juga mencanangkan gerakan yang berkonsentrasi pada kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya adalah gerakan menanam mangrove. 

 

Cara bergabung dan berdonasi

Mudahebat_id menerima dukungan berupa keterlibaran publik sebagai sukarelawan, maupun dengan turut berdonasi. Anggota yang sudah bergabung dengan Mudahebat_id nantinya akan berkeliling ke kampung pemulung, pekerja pasar, ata upun orang membutuhkan untuk menggelar kegiatan berbagi.

embed

Kegiatan tanam mangrove/Mudahebat_Id

 

"Untuk donasi, sangat terbuka. Mudahebat_id akan memberikan informasi yang transparan kepada para donatur. Misalnya, dengan keterangan harga donasi 1 bungkus nasi setara Rp10.000," kata dia. 

Informasi kegiatan, rekrutmen relawan, dan undangan berdonasi rutin dilakukan via akun Instagram @Mudahebat_id.

"Bergabung dengan Mudahebat_id bisa langsung datang ke acara rutin yang diadakan di Masjid Al-Barkah, di Jalan Veteran No.46 Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, " kata Afif. 


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan