Jutaan Manfaat dari Rempah Saffron untuk Kesehatan Tubuh

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 28/02/2021
Gambar oleh Johan Puisais dari Pixabay
Gambar oleh Johan Puisais dari Pixabay

Oase.id – Saffron merupakan rempah yang mulai populer di Indonesia. Rempah ini memiliki aroma yang kuat dan warna yang khas.

Tumbuhan ini berasal dari Yunani, namun, saat ini tumbuhan ini sudah banyak ditemukan di negara lain yaitu Iran, Maroko, India, Afganistan. Bunga saffron ini kaya akan antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari medicalnewstoday.com beberapa manfaat saffron untuk kesehatan. Saffron salah satu rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Saffron juga merupakan rempah yang paling mahal di dunia karena proses panen yang sulit. Namun, harga mahal tersebut terbayar dengan beberapa manfaat yang dihasilkan saffron, berikut manfaat yang terkandung pada Saffron:

1. Antioksidan

Saffron memiliki antioksidan yang akan membantu melawan stres oksidatif dan radikal bebas di dalam tubuh. Karena stress oksidatif dan radikal bebas berperan untuk merusak kesehatan seseorang dan akan menyebabkan penyakit seperti kanker dan jantung.

2. Mencegah gangguan sistem saraf

Kandungan antioksidan dalam saffron juga berperan untuk melindungi tubuh dari gangguan sistem saraf. Menurut penelitian Mohammad Reza Khazdair yang berjudul The effects of Crocus sativus (saffron) and its constituents on nervous system, bahwa kandungan dalam saffron yang berupa crocin bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di otak. Selain itu, saffron juga dapat membantu mengurangi gejala Alzheimer karena kandungan tersebut bersifat penambah ingatan serta anti-inflamasi.

3. Meningkatkan mood

Manfaat lain dari saffron adalah dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menjadi tambahan yang berguna untuk pengobatan depresi. Sebuah studi dalam Journal of Behavioral and Brain Science menemukan bahwa saffron meningkatkan kadar dopamine di otak. Dengan mengonsumsi 30 mg Saffron setiap hari akan memberikan efek anti depresi ringan hingga sedang.

4. Mengurangi nyeri haid

Saffron juga dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Dalam sebuah penelitian Clinical Applications of Saffron (Crocus sativus) and its Constituents menyatakan bahwa perempuan yang menghirup bau saffron selama 20 menit, memiliki kadar hormon stress kortisol yang lebih rendah dan juga berkontribusi mengurangi gejala PMS

5. Menurunkan berat badan

Sebuah studi dalam Journal of Cardiovascular and Thoracic Research menemukan bahwa mengambil ekstrak saffron membantu orang dengan penyakit arteri koroner mengurangi indeks massa tubuh mereka (BMI), massa lemak total, dan lingkar pinggang. Hal ini menunjukan bahwa saffron dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dan nafsu makan.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus