Tak Ada Solusi Instan untuk Selesaikan Permasalahan Korona

Medcom.id - Corona (Covid-19) 04/08/2020
Photo by AFP
Photo by AFP

Oase.id- Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta masyarakat global untuk memahami bahwa tidak ada solusi instan yang dapat menyelesaikan masalah pandemi virus korona (Covid-19) dengan cepat. Untuk itu, ia sekali lagi menekankan semua orang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial (social distancing), mencuci tangan, dan menggunakan masker.

Saat ini, berdasarkan data Johns Hopkins University, angka kasus Covid-19 di kancah global telah melampaui 18 juta. Sementara angka kematiannya berada di kisaran 689 ribu.

 

Berbicara dari markas WHO di Jenewa, Tedros mengatakan salah satu solusi mengatasi pandemi Covid-19 yang dinanti-nantikan banyak orang adalah munculnya vaksin efektif.

"Sejumlah vaksin berada dalam uji klinis fase ketiga, dan kita semua berharap vaksin efektif dapat mencegah masyarakat dari infeksi (Covid-19)," kata Tedros, dilansir dari laman BBC, Selasa 4 Agustus 2020.

 
"Namun, sejauh ini tidak ada solusi ajaib nan instan, dan mungkin tidak akan pernah ada," sambungnya.
 
"Untuk saat ini, menghentikan wabah hanya bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan publik dan menerapkan langkah-langkah pengendalian penyakit, yakni melakukan tes, mengisolasi, mengobati pasien, mendeteksi dan mengkarantina kontak-kontaknya," sebut Tedros.
 
Banyak negara dan organisasi global terus berlomba-lomba mengembangkan vaksin covid-19. Di Rusia, sebuah vaksin sedang dikembangkan dan disebut-sebut akan segera diloloskan regulator kesehatan.
 
Setelah nantinya diloloskan, vaksin itu akan diberikan dalam sebuah program vaksinasi massal pada Oktober mendatang.


(SBH)