Hadis Keutamaan Sahur, Salah Satunya Waktu Diturunkannya Keberkahaan

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 13/04/2021
Photo by Ahmed Aqtai from Pexels
Photo by Ahmed Aqtai from Pexels

Oase.id -  Bulan Ramadhan, umat islam di seluruh dunia akan melakukan ibadah puasa selama sebulan lamanya. Bagi yang menjalankan ibadah puasa diwajibkan untuk melaksanakan sahur agar tubuh lebih kuat berpuasa seharian penuh.

Selain sahur mampu memberikan energi untuk berpuasa seharian, sahur juga bernilai ibadah yang jika dikerjakan akan memperoleh keberkahan, seperti hadis berikut ini:

HR. Bukhari no. 1923


تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.”


Dari Amru bin 'Ash RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

فَصْلُ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ أَكْلَةُ السُّحُور


"Perbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab adalah pada makan sahur." (HR. Muslim No. 1096)

Karena sangat dianjurkannya untuk sahur, salah satu hadis Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

"Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah 'Azza wa Jalla dan para Malaikat bersalawat kepada orang yang makan sahur. (HR. Ahmad No. 11086, Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan: sanadnya shahih)

Selain itu, dari 'Amru bin Maimun RA, berkata: "Para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya." (HR. Al-Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7916. Al Faryabi dalam Ash Shiyam No. 52. Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 9025)


(ACF)