Cek Estimasi Giliran Keberangkatan Haji di Aplikasi Pusaka

N Zaid - Haji 17/12/2022
Foto Kemenag
Foto Kemenag

Oase.id - Tingginya animo masyarakat berhaji menyebabkan mereka harus menunggu giliran berangkat ke Tanah Suci. Lama antrean beragam, hingga puluhan tahun lamanya. 

Saat ini calon jemaah yang sudah mendaftar haji lebih dari lima juta. Sementara kuota haji Indonesia, jika dalam kondisi normal, selama ini pada kisaran 211 ribu.  Hal ini, misalnya, terjadi pada penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M. Sementara kuota pada musim haji 1443 H/2022 M, hanya sekitar 100 ribu. Sebab, saat itu penyelenggaraan ibadah haji masih dalam suasana pandemi.

Seperti dikutip dari laman Kemenag, untuk memudahkan jemaah mengetahui perkiraan estimasi keberangkatannya, Kemenag meluncurkan sebuah aplikasi layanan bernama Pusaka. Aplikasi yang dirilis pada 20 November 2022, sekarang bisa diunduh melalui Google Play (android) dan App Store (iOS).

Untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji, jemaah dapat melakukan sejumlah langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pusaka
2. Pilih menu "Islam"
3. Lihat menu "Layanan Haji & Umrah" lalu pilih menu "Estimasi Keberangkatan"
4. Masukan Nomor Porsi pada kolom yang tersedia, lalu tekan "Cari Nomor Porsi". 

Aplikasi ini hadir dalam bentuk logo serupa gunungan dengan warna perpaduan antara ungu dan biru langit, serta dengan latar belakang warna putih dan tulisan 'Pusaka'. Saat mengunduh pastikan memilih logo yang benar.
 


(ACF)
TAGs: Haji