7 Fakta Ilmiah Air Zamzam yang Mungkin Kamu Belum Tahu

N Zaid - Makkah 26/08/2022
Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist

Oase.id - Air zamzam, merupakan air yang diberkahi. Klaim ini dikabarkan Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam dalam sabdanya: 
 
“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan."

Airzamzam yang merupakan air alami yang sumurnya di dekat Kakbah itu juga menjadi obat penyakit.

Ditambahkan dalam riwayat Abu Daud (Ath Thoyalisiy) dengan sanad jayyid (bagus) bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

“Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).”

Namun, klaim ini juga tidak hanya sebatas dalam hadits dan Al-quran. Sejumlah penelitian ilmiah mengungkapkan keajaiban air Zamzam itu. 

Berikut 7 fakta ilmiah tentang air Zamzam dikutip dari lifeinsaudiarabia.com:

Tujuh fakta ilmiah tentang air Zamzam.

1.Bebas pathogen

Hasil penelitian membuktikan bahwa air Zamzam bebas pathogen dan tidak terkontaminasi bakteri. Tiga sample Zamzam diambil dari sejumlah gentong di Masjid Al Nabawi di Madiniah. Satu tetes dari setiap sample ditempatkan di CLED cawan agar dan diinkubasi selama 48 jam dengan suhu 37 derajat celsius. Tidak ditemukan bakteri berkembang di air itu. 

2. Menurunkan kadar asam urat

Fakta ilmiah lain menunjukkan bahwa air Zamzam yang dikonsumsi dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Ini mungkin terkait dengan alkaline alami dalam Zamzam yang mengalakalinisasi urine sehingga memfasilitasi pengeluaran asam urat.

3. Menurunkan kolestrol 
Orang yang meminum air Zamzam menunjukkan penurunan signifikan dalam serum kolestrol dan serum trigliserida. Kesimpulan itu didapat setelah tiga pembacaan hasil pengujian dalam tiga bulan penelitian.

BACA: Pentingnya Memudahkan tanpa Mempersulit

4. Anti jamur

Efek penyembuhan antijamur dari air Zamzam tidak banyak diketahui orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Katsina Nigeria, air Zamzam dilaporkan memiliki khasiat sama dengan antijamur.

5. Tidak ada pertumbuhan biologi

Berdasarkan Journal of Pure and Applied Microbiology, diketahui tidak ada tanda mikrobiologi berkembang dalam sample air Zamzam. Air ini juga bebas kontaminan. 

6. Kaya mineral

Penelitian dilakukan King Abdulaziz City for Science & Technology mengungkapkan fakta ilmiah lain tentang Zamzam di mana memiliki empat kandungan yaitu mineral sodium, potassium, magnesium dan kalsium. Ditambah lagi tujuh mineral vanadium, mangan, besi, cobalt, copper, zinc, dan molybdenum.

7. Karakteristik anti-tumor 

Menurut Advanced Science Ltters Volume 23, Number 5, air Zamzam memiliki cakupan luas therapeutik dan pharmakologikal sebagai antioksidan, antitumor, antixiolytik dan antidepresan. 

Pengobatan medis yang menyertakan air Zamzam menghasilkan penghilangan signifikan gejala kehilangan berat badan, sulit berdiri dan dan kehilangan penciuman.  
 


(ACF)
TAGs: Makkah