Memasuki Musim Penghujan, Berikut Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Anti Jerawat!

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 22/09/2021
ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

Oase.id – Indonesia saat ini sedang menuju pergantian musim, dari kemarau ke penghujan. Tentunya perlu banyak hal yang harus disiapkan agar selalu dalam keadaan sehat. Selain, menjaga tubuh agar tak mudah sakit, merawat kulit di musim hujan juga menjadi penting, mengingat akan perubahannya suhu dan kelembaban udara yang akan mempengaruhi kulit.

Dilansir dari ndtv.com, inilah tips menjaga kulit agar tetap sehat di musim hujan:

1. Menggunakan tabir surya

Saat musim hujan bukan berarti kulit aman dari paparan sinar ultraviolet, nyatanya saat cuaca mendung sinar ultraviolet tetap ada dan membahayakan kulit. Pastikan selalu menggunakan tabir surya dengan baik setiap hari untuk mencegah masalah kulit

2. Menjaga kebersihan wajah

Walaupun saat musim hujan, tubuh tetap aktif memproduksi minyak dan mungkin akan banyak kotoran yang menempel pada wajah. Tetaplah menjaga kebersihan wajah setidaknya dengan mencuci muka sebanyak dua sampai tiga kali sehari untuk menghindari infeksi jamur pada wajah.

3. Tetap terhidrasi

Cara yang paling mudah untuk menjaga tubuh dan kulit tetap sehat yaitu dengan tetap terhidrasi. Terhindar dari dehidrasi mampu membantu tubuh lebih waspada terhadap racun atau bakteri penyebab jerawat.

4. Perawatan wajah alami

Cobalah perawatan wajah di rumah dengan produk yang mengandung bahan alami untuk kulit. Selain, tidak berbahaya untuk kulit, perawatan dengan bahan-bahan alami juga mendorong kulit menjadi lebih sehat dan glowing.

5. Hindari riasan tebal

Mengurangi menggunakan riasan di musim penghujan bisa menjadi langkah awal untuk kulit yang lebih sehat dan bebas jerawat. Dengan cara ini wajah bisa mengurangi potensi tersumbatnya pori-pori kulit yang akan menyebabkan jerawat dan masalahnya. Pastikan untuk membersihkan wajah dengan baik dan benar sebelum tidur.

6. Jangan mengonsumsi makanan berminyak

Mungkin saat musim penghujan mengonsumsi gorengan sering menjadi solusi cemilan sambil nunggu hujan reda. Tapi, tahukah bahwa makan gorengan di musim apapun akan menyebabkan breakout dan jerawat.

Resep perawatan wajah alami untuk di rumah

Masker Oatmeal dan Telur

Masker oatmeal dan putih telur akan mengelupas kulit dengan lembut, membuatnya bersih, sehat dan bercahaya. Bahan yang harus disiapkan: 

  • Ambil 3 sendok makan oatmeal dan satu putih telur bersama dengan 1 sendok makan madu dan yogurt.
  • Oleskan pasta ini pada wajah
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Lalu bilas dengan air dingin.

Oleskan masker ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik


(ACF)