93 Santri Ponpes Darusalam Jatim Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Medcom.id - Corona (Covid-19) 26/08/2020
Photo by Medcom.id
Photo by Medcom.id

Oase.id- Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur mencatat sebanyak 93 santri di Pondok Pesantren Darusalam Blokagung, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terjangkit covid-19. Mereka dinyatakan positif berdasarkan hasil swab tes.

"Sampai saat ini ada 93 santri yang positif. Tapi alhamdulillah secara umum mereka dalam kondisi sehat (tanpa gejala)," kata Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, melansir Medcom.id, Rabu, 26 Agustus 2020.

Puluhan santri itu masih menjalani karantina di ponpes. Kondisi para santri sehat lantaran tanpa gejala.

 

"Kami terus memantau kondisi seluruh santri yang diisolasi. Sementara untuk suplai makanan dan lainnya, kami koordinasikan dengan pengasuh pondok sesuai kebutuhan," ujarnya.

Pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memutus penyebaran covid-19 di ponpes. Mulai dari Dinkes Jatim, Dinkes Banyuwangi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), RSUD di Banyuwangi dan Puskesmas sekitar.

"Kami terus turun bekerja sejak pertama masalah ini muncul. Semua dilakukan oleh tim gabungan," terangnya.

Dia mengaku, berbagai langkah dan upaya terus dilakukan. Di antaranya evaluasi lokasi tempat isolasi, pemeriksaan fisik awal dikerjakan di lokasi pondok, pengambilan sampel, rapid test, hingga uji swab massal terhada 500 santri.

"Kami juga berencana akan memperluas tracing pemeriksaan dengan tes swab massal, untuk memastikan dan mencegah penularan meluas," bebernya.

Kohar mengimbau masyarakat Jatim, khususnya santri yang kembali ke ponpes untuk patuh protokol kesehatan. Warga harus mengonsumsi gizi seimbang dan istirahat cukup.


(FER)