Tips Diet ala Nabi Muhammad

Octri Amelia Suryani - Tips Kesehatan Nabi Muhammad Saw 25/05/2021
Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Oase.id - Memiliki tubuh yang langsing merupakan keinginan bagi setiap orang. Terutama bagi para perempuan. Karena tubuh langsing adalah salah satu standar keberhasilan mereka dalam menjaga tubuh agar tetap dalam bentuk yang indah.

Adanya tekanan batin dan sosial yang tinggi menjadikan para perempuan rela mati-matian melakukan diet ketika merasa bagian tubuhnya sudah terlihat banyak tumpukan lemak.

Biasanya bagian tubuh yang sering menjadi keluhan sehingga mereka memutuskan diet adalah bagian lengan, paha, dan perut. Terjadinya perubahan bentuk tubuh membentuk perubahan berat badan yang tidak diinginkan. Hal demikian membuat mereka merasa tidak percaya diri dan melakukan berbagai macam diet dan berbagai macam olahraga.

Terkadang dengan keinginan diet yang sangat tinggi, mengajak mereka melakukan aturan diet yang tidak semestinya dilakukan. Seperti menahan tidak makan nasi, tidak minum yang manis-manis dan sebagainya yang akan menunjang kegemukan.

Perlu diketahui, ternyata Rasulullah ﷺ juga menganjurkan diet sebagai salah satu cara hidup sehat. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam QS. Al-Baqarah ayat 168 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya: Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.

Berdasarkan ayat di atas, diketahui bahwa mengonsumsi gizi yang seimbang juga hendaknya diterapkan oleh manusia. Demi menjaga keseimbangan tersebut, Allah juga telah membahas dalam Al-Quran surat Ar-Rahman ayat 7-9 yang berbunyi:

وَالسَّماءَ رَفَعَها وَوَضَعَ الْمِيزانَ () أَلاَّ تَطْغَوْا فِي الْمِيزانِ () وَأَقِيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَلا
 تُخْسِرُوا الْمِيزانَ

Artinya: Dan langit telah ditinggikan-Nya dan Dia ciptakan keseimbangan. Agar kamu jangan merusak keseimbangan itu. dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu.

Keseimbangan pada tubuh harus dijaga dengan baik, agar terhindar dari berbagai penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa makan berlebihan dapat meyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Contohnya, makan yang tidak terkendali akan mengakibatkan penyakit stroke, penyakit pembuluh darah, serangan jantung, dan penyakit lain.

Oleh sebab itu, Al-Quran juga menyarankan untuk tidak berlebihan yang disebutkan dalam QS. Taha-81:

كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْۙ وَلَا تَطْغَوْا فِيْهِ فَيَحِلَّ عَلَيْكُمْ غَضَبِيْۚ وَمَنْ يَّحْلِلْ عَلَيْهِ غَضَبِيْ فَقَدْ هَوٰى

Artinya: Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Barangsiapa ditimpa kemurkaan-Ku, maka sungguh, binasalah dia.

Selain ayat di atas, terdapat juga sabda dari Rasulullah ﷺ yang artinya: “Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan terhadap umatku adalah perut buncit (karena banyak makan), sering tidur, rasa malas, dan lemah keyakinannya,” (HR. Darqutni).

Berikut oase.id memaparkan beberapa tips diet ala Rasulullah ﷺ:

1. Konsumsi air madu di pagi hari
Rasa manis pada madu bisa menggantikan gula tebu yang dapat meningkatkan potensi diabetes apabila dikonsumsi terus-menerus. Karenanya, konsumsi madu secara teratur dapat lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Mengatur porsi makanan
Supaya tidak berlebihan makan, Rasulullah selalu berusaha berhenti makan sebelum perutnya terasa kenyang. Dalam riwayat Bukhari Muslim dijelaskan bahwa “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.”

Dengan berhenti makan sebelum merasa kenyang, Rasulullah dapat terhindar dari rasa kekenyangan berlebih. Sehingga tubuh menjadi sulit bergerak karena perut sudah tidak ada ruang untuk udara dan air.

3. Makan 7 butir kurma sebagai camilan
Rasulullah biasanya mengonsumsi kurma dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, tak hanya ketika berpuasa. Sebab, mengonsumsi kurma juga dapat mengenyangkan perut. Rasulullah mengonsumsinya dalam jumlah ganjil, yaitu sebanyak tujuh butir.

4. Makan roti gandung menjelang sore
Rasulullah mengonsumsi roti gandum dalam kesehariannya. Roti gandum memiliki sejumlah manfaat, di antaranya mengenyangkan lebih lama, baik untuk pencernaan, dan bermanfaat bagi kesehatan tulang.

5. Konsumsi sayur dan buah
Rasulullah rutin mengonsumsi buah dan sayur sebagai makanan sehari-harinya. Maka dari itu, kita dapat juga mengonsumsinya. Cocok untuk orang yang sedang menjalani diet.

6. Memilih menu yang tepat
Rasulullah menganjurkan pada orang-orang yang ingin hidup lebih sehat untuk mengurangi konsumsi nasi putih, gula pasir, tepung, susu dan turunannya, serta minyak goreng sawit.

7. Puasa
Puasa mengajarkan kita untuk menahan diri. Salah satunya untuk tidak makan berlebihan. Sebab makan secara berlebihan sangat tidak disukai oleh Rasulullah karena membuat tubuh menjadi tidak sehat.

8. Olahraga
Rasulullah menjalankan berbagai olahraga untuk menjaga kondisi kesehatannya. Di antaranya adalah lari, berjalan cepat, berenang, memanah, dan berkuda.

Dari hadis riwayat Ahmad, Umar pernah berkata, “Ajarkanlah anak-anakmu berenang dan memanah, dan perintahkanlah mereka supaya melompat di atas punggung kuda.”


(ACF)