Lakukan Ini, 7 Cara Menjaga Stamina Jelang Idulfitri

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 07/05/2021
 Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id – Tak terasa puasa akan berakhir dalam hitungan hari lagi dan umat islam akan menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 H. Agar pada hari kemenangan nanti tubuh tetap sehat, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dengan mempertahankan pola makan yang baik juga berolahraga.

Selain pola makan dan berolahraga yang baik untuk menjaga stamina tubuh, ternyata banyak cara alami lain yang bisa dilakukan selama berpuasa. Dilansir dari indiatimes.com, berikut 7 cara untuk membantu meningkatkan dan menjaga stamina tubuh menjelang Hari Raya Idulfitri :

1. Pantau indeks massa tubuh secara berkala

Menjaga indeks massa tubuh (BMI) menjadi langkah penting untuk menentukan stamina tubuh. Ini dikarenakan berkurang dan bertambahnya BMI secara drastis akan sangat mempengaruhi stamina tubuh selama beraktivitas terutama saat berpuasa. Saat ini sudah banyak website yang dapat digunakan untuk mengetahui BMI tubuh.

2. Beralan ringan setelah buka puasa

Berjalanlah perlahan setelah menyantap hidangan berbuka, usahakan untuk memberikan jarak waktu 20 menit antara makan dan berjalan. Aktivitas ini merupakan bagian penting untuk membangun stamina karena dengan berjalan, tubuh akan mencerna makanan dengan baik, juga membantu sistem pencernaan tetap bebas dari racun.

3. Memberi jeda waktu antara makan dan tidur

Penumpukan lemak pada tubuh disebabkan karena kegiatan tidur setelah makan. Ini tentunya tidak baik untuk tubuh dan akan meningkatkan risiko obesitas, juga memperburuk stamina tubuh. Buatlah jadwal aturan untuk selalu memberikan jeda waktu setidaknya dua jam antara makan malam dan tidur. Hal ini akan memberikan dampak baik seperti meningkatkan metabolisme dan pencernaan.

4. Konsumsi air hangat

Lakukan hal ini saat sahur atau sebelum tidur selama berpuasa, mungkin bisa dilakukan setelah bulan Ramadhan. Menyeruput air hangat sangat efektif dalam meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan yang pada akhirnya akan memberikan dampak baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

5. Perasaan positif

Tetap berpikiran positif terbukti mampu meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikaitkan dengan cara seseorang mengelola stres, tetap optimistis dan kondisi mental lainnya yang mampu memperburuk stamina.

6. Menjaga keseimbangan asupan natrium

Tubuh dapat kehilangan banyak natrium dalam bentuk keringat saat sedang melakukan olahraga. Penting untuk menjaga agar natrium dalam tubuh tidak turun drastis, ini akan menyebabkan situasi yang disebut ketidakseimbangan elektrolit dan tubuh akan merasa pusing dan mual. Kondisi ini tentunya akan membuat stamina tubuh menurun dan tubuh akan mudah sakit.

7. Istirahat yang cukup

Memastikan tubuh mendapatkan tidur malam yang nyenyak merupakan hal yang wajib untuk meningkatkan juga mempertahankan stamina. Pola tidur yang cukup dan teratur juga merupakan kunci menuju hidup yang lebih sehat, baik fisik maupun psikologis.

Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina agar tubuh selalu siap untuk menyambut Hari Raya Idulfitri dan bersiap untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar.


(ACF)