Selain Kurma, Nama Buah Ini Juga Tercantum dalam Al-Quran

Octri Amelia Suryani - Al-Quran Nabi Muhammad Saw Buah Kurma 12/07/2022
Buah Anggur (Foto: Bruno/Germany/Pixabay)
Buah Anggur (Foto: Bruno/Germany/Pixabay)

Oase.id - Bercerita tentang buah dalam Al-Quran, tentu secara spontan mengingatkan kita pada buah kurma. Pasalnya, buah kurma sering disebut sebagai buah kesukaan Nabi Muhammad ﷺ.

Namun sebenarnya bukan hanya kurma saja, ada beberapa buah yang juga disebut dalam Al-Quran.

Berikut 6 nama buah yang disebut dalam Al-Quran:

1. Buah Kurma

embed

(Buah Kurma. Foto: SW Yang/Pixabay)

Buah kurma identik dengan negara Timur Tengah tempat di mana Nabi Muhammad ﷺ dilahirkan. Serta buah ini juga menjadi buah kesukaan beliau. Karena itu tidak heran kalau buah satu ini disebut paling banyak di dalam Al-Quran. Tercatat ada 22 ayat yang menyebut nama buah kurma. Salah satunya adalah surat Yasin ayat 34.

وَجَعَلْنَا فِيهَا جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ وَفَجَّرْنَا فِيهَا مِنَ الْعُيُونِ

Artinya: Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air. (QS. Ya Sin: 34)

Saking istimewanya, hingga disebut sebagai salah satu buah yang ada di dalam surga. Allah Swt berfirman dalam Surah Ar-Rahman: 68:

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

Artinya: Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan dan kurma serta delima. (QS. Ar-Rahman: 68)

2. Buah Anggur

embed

(Buah Anggur/ Bruno /Germany dari Pixabay

Selain kurma, buah anggur juga sudah dikenal lama. Bahkan buah ini sudah ada sejak zaman Nabi Nuh AS. Buah anggur disebut sebanyak 14 kali dalam Al-Quran. Ini membuatnya jadi nama buah kedua yang disebut paling banyak di dalam kitab suci. Salah satu ayat yang membahas anggur adalah:

فَأَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهِ جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

Artinya: Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan. (Al-Mu’minun: 19)

Memakan buah anggur dalam Islam dibolehkan. Namun, jika buah anggur sudah diproses menjadi minuman memabukkan maka hukumnya menjadi haram untuk dikonsumsi.

3. Buah Zaitun

embed

(Buah Zaitun. Foto: Peter H/Pixabay)

Zaitun adalah jenis buah yang disebut sebanyak 6 kali dalam Al-Quran. Buah zaitun yang memiliki warna hijau gelap biasanya diolah untuk diambil sari minyak nabatinya. Jika sudah matang buah zaitun berwarna kehitaman. Buah ini memiliki banyak manfaat. Hingga tidak heran Al-Quran menyebut buah ini dalam beberapa surah. Salah satunya dalam QS. An-Nahl ayat 11:

يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُونَ وَالنَّخِيلَ وَالْأَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. An-Nahl: 11)

4. Buah Delima

embed

(Buah Delima. Foto: Lee Travathan / Pixabay)

Buah delima adalah salah satu buah yang unik yang disebut sebanyak tiga kali dalam Al-Quran. Buah yang seperti jambu biji ini berwarna merah cerah. Daging buah ini berbentuk biji-bijian kecil yang rasanya manis dan bertekstur. Salah satu ayat di dalam Al-Quran yang menyebutkan buah delima adalah:

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya: Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al-An’am: 141)

5. Buah Tin

embed

(Buah Tin. Foto: Wikipedia)

Buah tin adalah salah satu buah yang hidup di daerah yang beriklim tropis. Meskipun begitu buah ini sulit ditemukan di Indonesia. Buah ini lebih banyak ditemukan di daerah Asia barat daya, timur tengah, dan sekitar laut tengah. Buah tin hanya disebut satu kali di dalam Al-Quran yaitu bersama buah zaitun, yaitu pada ayat:

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun. (QS. At Tin: 1)

6. Buah Pisang

embed

(Buah Pisang. Foto: Steve Buissinne / Pixabay)

Selain buh tin, buah pisang juga disebut satu kali dalam Al-Quran. Buah ini sangat mudah untuk ditemukan. Pisang memiliki berbagai macam jenis,dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ayat di dalam Al-Quran yang menyebutkan buah pisang adalah:

وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ

Artinya: Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). (QS. Al-Waqi’ah: 29)

Itulah 6 nama buah yang disebut dalam Al-Quran. Sungguh sangat bermanfaat dan luar biasanya ciptaan Allah Ta’ala bagi kepentingan umat-Nya di dunia.


(ACF)