Ciri-ciri Orang yang Lalai dalam Salat

Phooby Kamaratih - Salat 12/08/2021
 Photo by Michael Burrows from Pexels
Photo by Michael Burrows from Pexels

Oase.id - Menurut terminologi ilmu fiqh, salat (الصلاة) diterjemahkan sebagai serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam (سلام). Salat merupakan perkara wajib yang tercantum dalam rukun Islam kedua, yang harus dikerjakan oleh seluruh umat Muslim. Allah SWT berfirman,

اُتۡلُ مَاۤ اُوۡحِىَ اِلَيۡكَ مِنَ الۡكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ ‌ؕ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنۡهٰى عَنِ الۡفَحۡشَآءِ وَالۡمُنۡكَرِ‌ؕ وَلَذِكۡرُ اللّٰهِ اَكۡبَرُ ‌ؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُوۡنَ

Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-'Ankabut:45)

Maka dari itu, celakalah orang-orang muslim yang meninggalkan salat padahal dirinya sehat dan lapang. Dalam firman-Nya,

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَ الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ ۙ

Maka celakalah orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya. (QS. Al-Ma’un: 4-5)

Lalu, apa saja yang jadi ciri-ciri seseorang melalaikan ibadah salatnya. Al-Haafidz Ibnu Katsir menjelaskan 3 ciri orang-orang yang lalai dalam mengerjakan salat, yaitu:

1. Suka menunda salatnya.

Orang yang lalai dalam salat, biasanya akan menunda salatnya dari awal waktu hingga ia selalu mengerjakannya di akhir bahkan hingga waktu terakhir.

2. Tidak melaksanakan rukun dan syarat salat

Dalam salat, orang yang lalai tidak akan memperhatikan rukun dan syarat sah dalam salat sebagaimana yang telah diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.

3. Tidak khusyu’

Orang yang lalai, tidak akan khusyu’ saat melaksanakan salatnya dan tidak merenungi juga tidak memperhatikan bacaan dalam salat.

Sesungguhnya Rasulullah ﷺ telah memperingatkan untuk tidak lalai dan meninggalkan salat. Nabi ﷺ bersabda,

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

“Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah salat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah)

Memperhatikan ciri dari orang yang lalai dalam salat. Semoga sebagai umat Islam kita dapat terhindar dari sifat lalai dan selalu dalam lindungan dan rahmat Allah SWT.


(ACF)
TAGs: Salat