Hindari 5 Perkara ini! Membuat Allah Murka

Phooby Kamaratih - Dosa Hukum Islam 17/12/2021
 Photo by GR Stocks from Pexels
Photo by GR Stocks from Pexels

Oase.id - Sebagai hamba Allah Swt pastinya kita selalu ingin dicintai dan masuk dalam golongan orang–orang yang dekat dengan Allah. Selain mengerjakan perkara-perkara baik agar memperoleh pahala, sebagai muslim juga wajib untuk menghindari segala hal yang membuat Allah murka dan tidak menimbulkan dosa.

Melansir dari berbagai sumber, Oase.id merangkum 5 perkara yang wajib dihindari supaya Allah tidak marah. Yuk simak!

1. Durhaka kepada orang tua

Perkara durhaka atau berani melawan orang tua merupakan hal yang membuat Allah marah. Hingga, dalam Al-Quran pun tertulis jangan sampai seorang anak mengucapkan kata “ah” kepada orang tua. Sebagaimana dalam surat Al-Isra Ayat 23 :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

2. Kikir

Kikir atau pelit merupakan sifat yang paling dibenci Allah, dan Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk jangan kikir. Selain itu juga, Allah memerintah untuk jangan terlalu pemurah, sebagaimana dalam surat Al-Isra Ayat 29:

وَلَا تَجۡعَلۡ يَدَكَ مَغۡلُوۡلَةً اِلٰى عُنُقِكَ وَلَا تَبۡسُطۡهَا كُلَّ الۡبَسۡطِ فَتَقۡعُدَ مَلُوۡمًا مَّحۡسُوۡرًا

Dan janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan jangan (pula) engkau terlalu mengulurkannya (sangat pemurah) nanti kamu menjadi tercela dan menyesal.”

3. Berzina

Perkara yang akan membuat Allah marah dan murka adalah berzina, bahkan Allah pun melarang kita sebagai Hamba-Nya untuk mendekati hal tersebut. Sebagaimana dalam surat Al-Isra Ayat 32 :

وَلَا تَقۡرَبُوا الزِّنٰٓى اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ؕ وَسَآءَ سَبِيۡلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.”

4. Membunuh seseorang

Allah mengharamkan seorang muslim untuk membunuh sesamanya, tanpa adanya alasan yang benar. Sebagaimana dalam surat Al-Isra Ayat 33 :

وَلَا تَقۡتُلُوا النَّفۡسَ الَّتِىۡ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالۡحَـقِّ‌ ؕ وَمَنۡ قُتِلَ مَظۡلُوۡمًا فَقَدۡ جَعَلۡنَا لِـوَلِيِّهٖ سُلۡطٰنًا فَلَا يُسۡرِفْ فِّى الۡقَتۡلِ‌ ؕ اِنَّهٗ كَانَ مَنۡصُوۡرًا

“Dan janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sungguh, Kami telah memberi kekuasaan kepada walinya, tetapi janganlah walinya itu melampaui batas dalam pembunuhan. Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan.”

5. Syirik

Mempersekutukan Allah merupakan perkara yang sangat dibenci oleh Allah dan termasuk dalam golongan dosa besar. Sebagaimana dalam surat An Nisa Ayat 48:

ِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.”


(ACF)