Rekomendasi Masakan di Momen Spesial Idulfitri 2022

Octri Amelia Suryani - Idulfitri Kuliner 02/05/2022
Rendang (Intsagram Pawonomwill)
Rendang (Intsagram Pawonomwill)

Oase.id - Perayaan Lebaran atau Idulfitri 1443 H/2022 pastinya menjadi momen yang spesial bagi umat Islam. Kini, lebaran tahun ini bisa bersilaturahmi kepada keluarga, kerabat, dan teman-teman, tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Di momen yang spesial ini, ada rekomendasi masakan yang menjadi menu andalan. Menu makanan ini pun sangat ditunggu-tunggu dan tepat dinikmati bersama keluarga, saudara, kerabat, dan teman-teman.

1. Rendang

Rendang menjadi salah satu masakan yang khas dan populer di masyarakat. Masakan yang berasal dari bahan utama daging sapi juga sering dijadikan sebagai menu andalan saat momen Idulfitri.

Makanan satu ini biasanya dimasak menggunakan metode tradisional. Jadi, membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasak. Namun hasilnya, daging yang dimasak terasa sangat empuk dan sangat beraroma.

2. Ketupat

Ketupat di Indonesia adalah simbol Ramadhan. Ketupat terbuat dari beras yang dibungkus daun kelapa dan dimasak dengan cara dikukus. Ketupat bisa disajikan dengan berbagai hidangan seperti rendang, sayur, opor ayam, dan lain-lain. Jadi, sangat cocok selalu ada di setiap hidangan lebaran bersama keluarga.

3. Opor Ayam

Opor ayam menjadi salah satu hidangan paling populer di Indonesia saat momen Idulfitri. Bahkan, opor ayam adalah masakan yang paling dinantikan saat lebaran setelah rendang dan ketupat. 

Bahan utama dari opor ayam adalah ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah bersama dengan santan. Namun, setiap daerah memiliki variasi tersendiri baik dari cara memasak hingga penyajiannya.


(ACF)