Dubes Arab Saudi Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi akhiri masa tugas di Indonesia

N Zaid - Kementerian Agama Arab Saudi 16/01/2023
Akhiri Masa Tugas di Indonesia, Dubes Saudi Kunjungi Menag, Senin (16/1/2023)
Akhiri Masa Tugas di Indonesia, Dubes Saudi Kunjungi Menag, Senin (16/1/2023)

Oase.id - Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi akan menghari masa tugasnya di Indonesia. Selanjutnya ia akan digantikan oleh Faisal bin Abdullah Al-Amudi.

“Besok saya akan kembali ke Arab Saudi setelah empat tahun saya melaksanakan tugas. Semua ini akan menjadi kenangan yang indah. Saya mendapatkan semua perlakuan yang baik selama di Indonesia,” kata Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi, Senin (16/1/2023).

Syekh Essam pun menyempatkan diri untuk berkunjung menemui Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas di kantornya, Senin (16/1).

Dalam kesempatan silaturahmi itu, Syekh Essam menyatakan bahwa ia sudah sudah menyampaikan kepada Dubes yang akan datang secara detail terkait urgensi kerja sama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dengan kedutaan. 

"Karena lebih dari 40% tugas Kedutaan Saudi di Indonesia terkait dengan Kementerian Agama,” sambung Essam bin Abed Al-Taqafi.

“Saya sampaikan juga kepada Dubes selanjutnya untuk merespon secara cepat kepada pemerintah dan semua pihak terkait di Saudi supaya memberikan perhatian khusus untuk memastikan kemudahan yang diberikan untuk jemaah haji Indonesia sebagai negara muslim terbesar,” tutupnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi telah banyak membantu Indonesia dalam pelaksanaan haji tahun 2022.

“Saya bersyukur telah mengenal Bapak Dubes. Saya merasakan betul pelayanan haji tahun lalu, Bapak Dubes sangat membantu kami. Perjalanan haji Indonesia kemarin luar biasa, kami dibantu komunikasinya dengan cepat dan dibantu jika ada kesulitan,” ungkap Menag.


(ACF)