Doa Nabi Daud untuk Meluluhkan Hati Seseorang

Siti Mahmudah - Nabi Daud Doa Nabi Daud 11/01/2023
Al-Quran (shzern-Pixabay)
Al-Quran (shzern-Pixabay)

Oase.id - Manusia sering kali memiliki hati sekeras batu. Namun, untuk meluluhkan hatinya, dianjurkan untuk berdoa. Bagi kalian yang tengah berhadapan dengan situasi di atas, kalian bisa mengamalkan doa Nabi Daud.

Dalam kehidupan, kita pastinya pernah mengalami masalah. Entah itu karena kita yang berbuat salah atau justru kita yang sulit untuk membuka pintu maaf. Nah, jika kita berhadapan pada situasi dimana kita kesulitan untuk mendapatkan maaf dari seseorang, kita bisa mencontoh apa yang dilakukan Nabi Daud.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran surah As-Saba ayat 10, Nabi Daud diberi mukjizat oleh Allah yakni mampu melunakkan besi agar bisa digunakan untuk membuat baju perang. Lewat doa yang diamalkan Nabi Daud, Allah Swt kemudian memberikan mukjizat, yakni membuat besi yang keras bisa melunak.

Berikut Bacaan Doa Nabi Daud:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضْلًاۗ يٰجِبَالُ اَوِّبِيْ مَعَهٗ وَالطَّيْرَ ۚوَاَلَنَّا لَهُ الْحَدِيْدَۙ

Bacaan latin: Walaqod aataynaa dauuda minnaa fadhlaa, yaajibaalu awwabii ma a'hu wattoyiro, waalannaa lahulhadiid

Artinya: 
“Dan sungguh, Telah Kami berikan kepada Dawud karunia dari Kami. (Kami berfirman), Wahai gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Dawud," dan Kami telah melunakkan besi untuknya.” (QS. As-Saba: 10)

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan latin: Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik ya arkhamar rakhimiin.

Artinya:
Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sementara aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa a.s. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud a.s. karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang.

Demikian doa Nabi Daud yang dapat dibaca untuk meluluhkan hati seseorang. Semoga Allah SWT menghendaki.


(ACF)