5 Kombinasi Baik untuk Menghilangkan Batuk Mengganggu

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 04/08/2021
 Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id – Batuk merupakan respons tubuh saat sedang membersihkan infeksi dalam tubuh. Namun, batuk yang terus menerus mungkin akan mengganggu aktivitas harian. Batuk yang terjadi kemungkinan disebabkan oleh banyak hal seperti, alergi, infeksi, hingga refluks asam.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, jika ingin menggunakan pengobatan alami untuk mengobati batuk yang mengganggu. Berikut 5 kombinasi baik yang bisa dicoba di rumah;

1. Teh madu

embed

Sebuah penelitian pada Desember 2007 mengenai efektivitas madu untuk batuk di malam hari terhadap anak anak menunjukkan bahwa madu memberikan bantuan paling signifikan untuk batuk dan dekstrometorfan.

Untuk mengonsumsi madu untuk mengobati batuk, cukup campurkan 2 sendok teh madu dengan teh herbal. Lalu, minumanlah sekali hingga dua kali dalam sehari.

2. Jahe

embed

Jahe mampu meredakan batuk kering hingga asma, karena jahe mengandung sifat anti-inflamasi. Selain itu, juga dapat meredakan mual dan nyeri. Satu studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Cara mengonsumsi jahe, seduh teh dan ditambahkan 20-40 gram irisan jahe tunggu sampai mendidih dan aroma jahe keluar. Setelah itu, matikan dan diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

3. Berkumur dengan air garam

Salah satu pengobatan batuk yang paling sederhana adalah berkumur dengan air garam. Air garam mampu mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan.

Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Biarkan larutan agak dingin sebelum digunakan untuk berkumur. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali setiap hari sampai batuk membaik.

4. Nanas

embed

Bromelin adalah enzim yang berasal dari nanas. Bromelain memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat mukolitik yang mampu memecah lendir saat batuk dan mengeluarkannya. Untuk mendapatkan bromelain, bisa mengonsumsi jus nanas namun mungkin jumlah bromelain pada nanas tidak mencukupi untuk meredakan gejala. Atau dengan mengonsumsi Suplemen bromelain tersedia dan mungkin lebih efektif untuk meredakan batuk.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen baru baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Probiotik

embed

Probiotik tidak secara langsung meredakan batuk, tetapi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri di usus. Sistem kekebalan yang unggul dapat membantu melawan infeksi atau alergi yang mungkin menyebabkan batuk.

Beberapa makanan juga secara alami kaya akan probiotik, antara lain:

  • Sup miso
  • Yogurt alami
  • Kimchi

Namun, jumlah dan keragaman unit probiotik dalam makanan dapat sangat bervariasi. Mungkin dengan menambahkan suplemen probiotik selain makan makanan kaya probiotik.


(ACF)