Idul Adha: ini Rahasia Membuat Daging Kurban Jadi Empuk dan Lezat

Phooby Kamaratih - Idul Adha 2021 20/07/2021
 Photo by Min An from Pexels
Photo by Min An from Pexels

Oase.id - Saat Idul Adha, umumnya umat Islam memperoleh daging kurban yang dibagikan oleh panitia kurban. Kadang untuk mengolah daging kurban cukup sulit, terutama pada daging kambing. Hal ini dikarenakan tekstur, baunya khas daging kambing yang membuat pengolahan yang cukup lama dan sulit sekali membuat tekstur daging menjadi empuk.

Oase.id merangkum beberapa tips memasak agar empuk dan lezat, terutama pada daging kambing :

1. Potong sesuai otot serat

Dilansir dari eatingwell.com, agar daging menjadi empuk mulailah dengan memotong daging mengikuti serat otot panjang pada daging. Dengan ini, membuat daging akan lebih empuk saat di masak. Jadi, pastikan saat memotong daging sesuai dengan arah serat otot daging.

2. Masak dengan suhu yang tepat

Memasak pada temperatur yang terlalu panas akan membuat daging menjadi terlalu matang, dan membuat tekstur daging menjadi keras. Pastikan untuk memasak daging pada temperatur yang pas. Siapkan termometer untuk memastikan apakah sudah mencapai suhu yang pas, lalu daging siap diolah.

3. Masak Perlahan

Memasak potongan daging secara perlahan baik dengan merebus, memanggang, dan lainnya adalah cara terbaik untuk mendapatkan potongan daging yang lezat menjadi empuk. Memasak daging dengan perlahan akan membuat urat pada daging melunak dan menjadi empuk.

4. Marinasi daging

Memarinasi daging sebelum mengolahnya tidak hanya menambahkan rasa tetapi juga mampu melunakkan daging. Bahan utama dalam sebagian besar bumbu marinasi adalah asam seperti bentuk cuka, jus jeruk, nanas, hingga yogurt. Marinasi daging 1-2 jam atau lebih lama agar bumbu meresap dan daging menjadi empuk.


(ACF)