5 Akhlak Istri Rasulullah yang Patut Ditiru Para Muslimah

Phooby Kamaratih - Nabi Muhammad Saw 28/05/2021
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id – Nabi Muhammad ﷺ merupakan panutan bagi umat Islam di seluruh dunia. Nabi Muhammad ﷺ bukan hanya mengajarkan kepada umat mengenai cara beribadah kepada Allah SWT, namun juga tentang kehidupan sehari-hari.

Rasulullah memiliki cara yang patut ditiru dalam mendidik dan membahagiakan istri-istrinya, cara mendidiknya menjadikan istri-istrinya memiliki akhlak yang baik. Istri Rasulullah adalah seorang perempuan yang sangat dimuliakan oleh Rasulullah ﷺ, seperti pada sabda Rasulullah ﷺ:

Orang yang mulia dari kalangan laki-laki adalah banyak, akan tetapi wanita yang paling mulia adalah Maryam binti Imron dan Asiyah istri Fir’aun dan keutamaan seorang Istri Rasulullah di atas wanita tersebut adalah seperti keutamaan tsarid atas segala makanan” (HR. Bukhari : 5/2067 dan Muslim : 2431)

Berikut, Oase.id merangkum beberapa akhlak atau perilaku para istri Rasulullah yang patut ditiru oleh para muslimah:

1. Taat kepada suami
Salah satu istri Nabi ﷺ yaitu Aisyah mengajarkan kita tentang arti taat kepada suami. Ia tidak pernah mengeluh kepada Rasulullah ﷺ. Aisyah selalu berusaha mengerjakan pekerjaan rumah tangganya dengan baik dan tekun.
Saking taatnya Aisyah, dia tidak pernah pernah sekalipun menentang perintah Rasulullah ﷺ, seperti ketika ada hal yang mengganggu Rasulullah ﷺ maka dengan menggunakan isyarat saja Aisyah sudah memahami.

2. Betah di rumah
Dalam surat Al-ahzab ayat 33, Allah SWT berfirman :

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu.” (QS. Al-Ahzab [33]: 33

Allah SWT telah memerintahkan kepada istri Rasulullah ﷺ dan seluruh perempuan untuk tetap di rumah karena rumah adalah sebaik-baiknya tempat untuk wanita berlindung.

Syaikh Abdurrahman as-Sa’di berkata,
"Wanita hendaknya tinggal di rumah agar lebih selamat dan kehormatan dirinya terjaga, dan bila keluar tidak berhias diri atau tercium aromanya sebagaimana wanita jahiliah yang tidak mengenal syari’at Islam. Ini semua dalam rangka membendung kejahatan yang menimpa kepada wanita dan penyebabnya.” (Tafsir al-Karimur Rahman, 1:663)

3. Pandai menghibur suami
Istri pertama Rasulullah ﷺ yaitu Khadijah pernah menentramkan Nabi ﷺ dari rasa takut pada malaikat Jibril yang mendatangi Rasulullah untuk menyampaikan wahyu pertama kalinya.
Sikap Khadijah ini patut ditiru oleh para istri, pandai menghibur suami pada saat dilanda kesedihan baik karena musibah yang menimpa atau kesulitan yang dihadapinya, atau kekurangan harta, sehingga kehidupan rumah tangga tetap baik dan sejahtera.

4. Tenang ketika marah
Sebagai muslim, kita sangat dianjurkan untuk menahan amarah. Ini dikarenakan cepat marah dan emosi menjadi salah satu sifat yang datangnya dari setan.
Aisyah istri Rasulullah ﷺ memiliki hati yang lembut, hangat, setia, dan penuh cinta kepada suaminya. Rasulullah pernah mengatakan kepada Aisyah,“Sungguh aku mengetahui marah dan lapangmu saat kamu tenang.”

5. Cerdas dan berilmu
Aisyah istri Rasulullah ﷺ adalah sosok wanita cerdas. Beliau selalu membagikan ilmunya dengan Rasulullah. Urwah bin Zubair pernah mengatakan, “Aku tidak pernah melihat seseorang pun yang pandai tentang ilmu fiqih, kedokteran dan orasi melebihi Aisyah istri Rasulullah.”
Kecerdasan Aisyah istri Rasulullah bagaikan spons yang mampu menyerap ilmu dari Rasulullah ﷺ dan para sahabat.


(ACF)