Doa Ketika Angin Kencang, Baca Agar Terhindar dari Bencana

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 25/03/2021
Photo by Ralph W. lambrecht from Pexels
Photo by Ralph W. lambrecht from Pexels

Oase.id - Angin kencang merupakan tanda kebesaran Allah yang Maha kuasa. Angin kencang disebabkan oleh adanya pergerakan udara yang dingin secara signifikan akibat hujan.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah swt dalam surah al-Hijr ayat 22 yang berbunyi:

"Dan, Kami telah meniupkan angin (riyah) untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.” (QS al-Hijr [15]: 22).

Angin kencang ini seringkali dapat menyebabkan bencana. Seperti bangunan rumah roboh, ombak besar dan pepohonan tumbang. Sehingga harus tetap waspada apabila kondisi tersebut terjadi. 

Selain waspada, kita juga dianjurkan membaca doa ketika menghadapi bencana. Berikut, doa yang bisa dibaca agar kita terhindar dari bencana angin kencang:

"Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khairamaa fiihaa wa khairamaa ursilat bih, wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa fiihaa wa syarrimaa ursilat bih. Allaahummaj’alhaa rahmatan wa laa taj’alhaa ‘adzaaban. Allaahummaj’alhaa rahmatan wa laa taj’alhaa dharuuratan.”

Artinya:

"Wahai Tuhanku, aku minta kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan barang yang ada di dalamnya, dan kebaikan barang yang diutus melaluinya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan barang yang ada di dalamnya, dan kejahatan barang yang diutus melaluinya. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin rahmat dan jangan jadikan ini sebagai angin siksa. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin manfaat dan jangan jadikan angin ini sebagai angin bahaya."

Demikian doa yang bisa diamalkan saat terjadi angin kencang. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah swt dan terhindar dari segala bencana.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Maslakul Akhyar karya as-Sayyid Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya al-Alawi
 


(ACF)