Skype Berniat Kalahkan Zoom? Ini Update Fitur Terbarunya

Medcom.id - Teknologi dan Internet 05/04/2020
Photo by Tirza van Dijk on Unsplash
Photo by Tirza van Dijk on Unsplash

Oase.id- Aplikasi video conference Zoom mendadak populer di tengah pandemi virus korona. Hal ini jelas membuat penyedia layanan serupa yang lebih veteran iri, misalnya Skype.

Skype yang merupakan milik Microsoft dilaporkan telah merilis fitur terbaru yang akan bisa menyaingi Zoom. Fitur ini hadir mendukung kemudahan bagi setiap orang yang ingin atau atau baru menggunakan layanan video conference.
 
Dikutip dari Engadget, fitur ini diberi nama Meet Now. Dilaporkan bahwa pihak Skype mengklaim setiap pengguna bisa menciptakan video conference dengan mudah dan cepat hanya tiga kali klik.

Bahkan host atau penyelenggara video conference serta pesertanya tidak perlu mengunduh dan lebih dulu mendaftar untuk memiliki akun layanan. Jadi layanan Skype Meet Now tersedia gratis dalam bentuk berbasis web yang diakses lewat peramban internet atau browser.

 

Dijelaskan bahwa apabila peserta yang diajak melakukan video conference via Meet Now memiliki layanan Skype maka keduanya akan langsung terhubung. Opsi lain, bisa melakukannya lewat web client di Chrome atau Edge.
 
Melihat tidak adanya nama Mozilla Fireforx disebutkan, artinya peramban tersebut belum bisa mendukung layanan Skype Meet Now. Berdasarkan penjelasan singkat tersebut jelas bahwa fitur Meet Now jauh lebih mudah dipahami ketimbang aplikasi Skype.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id di situs resmi Skype, fitur Meet Now punya tampilan antarmuka yang sederhana seperti Zoom. Antarmukanya sangat ramah sehingga kalangan dari berbagai usia bisa menggunakannya dengan mudah.

Sejauh ini belum ada informasi apakah fitr Meet Now dari Skype sudah mulai populer digunakan dan mengalahkan Zoom. Aplikasi Zoom sendiri kini sedang menjadi pusat perhatian bukan karena populer tapi juga celah keamanan yang ditemukan.


(SBH)