Baitul Mal Banda Aceh Bagikan Zakat Sejumlah Rp5,04 Milyar

Medcom.id - Zakat 06/05/2020
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Oase.id- Baitul Mal Kota Banda Aceh, Aceh, menyalurkan zakat sebanyak Rp5,04 miliar kepada 7.725 mustahiq atau penerima.

“Alhamdulillah untuk triwulan pertama tahun ini, kita telah berhasil menyalurkan zakat total Rp5.040.625.000 untuk seluruh senif," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah, dilansir dari Medcom.id, Rabu, 6 Mei 2020.

Aminullah memerinci zakat yang telah disalurkan mulai dari zakat senif fakir konsumtif sebanyak 2.467 penerima dengan total Rp1,9 miliar dan zakat senif miskin konsumtif sebanyak 3.632 penerima dengan jumlah Rp2,1 miliar.

 

"Selain itu juga telah disalurkan zakat senif fakir uzur kepada 598 penerima dengan jumlah totalnya mencapai Rp717 juta," sambung dia.

Kemudian, penyaluran zakat juga untuk beasiswa bagi anak-anak Banda Aceh yang sedang mendalami ilmu tahfiz di luar negeri. Beasiswa bagi penghafal quran tersebut telah disalurkan kepada 13 hafiz dengan total Rp60 juta.

"Telah disalurkan juga zakat tersebut untuk 1.000 anak yatim dengan total mencapai Rp100 juta. Untuk Ibnu Sabil disalurkan sebanyak 15 orang dengan total Rp4,4 juta," jelasnya.

Aminullah berharap zakat yang telah disalurkan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh para penerima. Terlebih penyaluran dilakukan saat warga merasakan kesulitan ekonomi karena terdampak pandemi virus korona.

“Kita mencoba bergerak cepat menyalurkan zakat ini, apalagi ditengah pandemi covid-19. Warga sangat membutuhkannya, karena mereka juga terdampak dan merasakan kesulitan ekonomi,” ucapnya.

Aminullah berpesan kepada Baitul Mal untuk terus bekerja keras meningkatkan penerimaan zakat. Sebab potensi zakat di Kota Banda Aceh lumayan tinggi, hanya saja perlu terus diperbanyak sosialisasi dan publikasi.

"Semakin banyak zakat yang dikumpulkan, akan semakin banyak mustahiq dapat dibantu,” pungkasnya.


(FER)
TAGs: Zakat