Pakai Masker Bisa Tekan Potensi Penularan Covid-19 Hingga 1,5 Persen

Medcom.id - Corona (Covid-19) 24/06/2020
Photo by AFP
Photo by AFP

Oase.id- Penggunaan masker di tengah pandemi virus korona (covid-19) disebut efektif untuk mencegah penularan. Bahkan, potensi penularan bisa ditekan hingga 1,5 persen.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto mengatakan potensi penularan mencapai 100 persen warga tak taat protokol kesehatan. Hal itu terjadi jika pembawa virus melakukan kontak dekat dengan orang lain tanpa masker.

Jika pembawa virus tidak menggunakan masker, namun orang lain menggunakan masker, potensi penularannya 70 persen. Jika pembawa virus menggunakan masker namun orang lain tidak menggunakan masker, potensi penularannya lima persen.

 

“Tapi kalau pembawa virus dan orang dekatnya menggunakan masker, potensi penularan menurun drastis menjadi 1,5 persen,” kata Yuri, melansir Medcom.id, Rabu, 24 Juni 2020.

Yuri menegaskan penularan covid-19 bisa dicegah jika warga menggunakan masker dengan baik dan benar. Hidung dan mulut harus tertutup oleh masker.

“Ini meyakinkan kita bahwa menggunakan masker adalah cara paling tepat,” ujar dia.

Yuri mengakui sumber penularan melalui orang tanpa gejala (OTG) masih banyak terjadi di Indonesia. Perasaan tubuh sehat tidak menjadi jaminan orang steril dari virus korona.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu mengimbau masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Selain menggunakan masker, masyarakat wajib menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Kebiasaan itu harus ditanamkan mulai dari keluarga. Para orang tua diharapkan menjadi contoh dan teladan bagi anak-anaknya demi kesehatan bersama.


(FER)