Samsung akan Setop Penjualan Galaxy Note 10?

Medcom.id - Teknologi dan Internet 03/08/2020
Photo by Medcom.id
Photo by Medcom.id

Oase.id- Laporan terbaru menyebut bahwa penjualan kuartal kedua Samsung tergolong buruk, sehingga mampu dikalahkan oleh Huawei. Dalam kondisi normal, hal ini tidaklah mengejutkan mengingat Huawei telah mengembangkan penjualan smartphone karyanya selama beberapa waktu.
 
Hal ini menjadi mengejutkan mengingat Huawei kini tengah menghadapi tekanan dan sanksi dari Amerika Serikat, dan pada dasarnya mengalami pembatasan penjualan hanya di negara asalnya.
 
Mengutip Phone Arena, kondisi Huawei ini terbantu karena Tiongkok mulai pulih sedangkan kebijakan lockdown masih terjadi di sebagian besar negara.

Ini juga sedikit menjelaskan alasan penjualan Samsung mengalami penurunan sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan periode pada tahun sebelumnya selama kuartal lalu. Samsung juga dilaporkan mengalami keterbatasan cakupan penjualan hanya di negara asalnya.

Sementara itu, Apple turut mengalami penjualan baik di Tiongkok, dengan penjualan iPhone meningkat secara signifikan sebesar 225 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dan 32 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Samsung enggan mengungkap alasan penjualannya mengalami penurunan akibat pandemik Covid-19, ataupun akibat performa penjualan buruk dari lini Galaxy S20. Penawaran harga terlalu tinggi diyakini sejumlah pihak menjadi alasan utama performa penjualan buruk dari lini perangkat unggulan terbaru Samsung ini.

 

Namun, Phone Arena menilai Samsung masih belum belajar kesalahannya, sebab laporan terbaru mengindikasikan bahwa Galaxy Note 20 akan dipasarkan dengan harga yang sama tingginya dengan smartphone pendahulunya.
 
Sebagai pengingat, sebagian besar konsumen di dunia kerap membeli ponsel generasi sebelumnya saat generasi terbaru resmi meluncur. Sebab umumnya, produsen smartphone akan menurunkan harga jual ponsel generasi lama setelah mengumumkan penerus perangkat tersebut.
 
Sayangnya, Samsung dilaporkan memiliki rencana lain, seperti yang diunggah leakster MauriQHD via akun Twitternya. Leakster ini mengungkap bahwa Samsung berencana untuk menghentikan penjualan perangkat unggulan keluaran tahun 2019 karyanya.
 
Jika rumor ini benar, maka Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 tidak lagi akan dapat ditemukan di pasar dalam waktu dekat. Konsumen tidak lagi dapat menemukan dua varian warna dari Galaxy Fold dari situs Samsung versi Amerika Serikat.
 
Dan dua warna yang baru diluncurkan juga diperkirakan tidak lagi akan tersedia setelah Galaxy Fold 2 telah dapat dibeli oleh konsumen.


(SBH)