Terowongan Silaturahim Istiqlal dan Katedral Dibangun Akhir Tahun

Medcom.id - Masjid 23/07/2020
Photo by Kementerian PUPR
Photo by Kementerian PUPR

Oase.id- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan Terowongan Silaturahmi mulai dibangun pada akhir 2020.

Terowongan bawah tanah tersebut akan menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Adapun kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp40 miliar.

 

Melansir Medcom.id, renovasi Masjid Istiqlal yang dimulai pada Mei 2019 telah selesai dan siap diresmikan. Masjid Istiqlal sudah dapat digunakan saat Iduladha.

Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi (tidak termasuk area sungai) dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200 ribu orang.

Baca juga: Pemerintah Bangun Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral 

 

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada 30 Mei 2018 lalu.

Renovasi ini dikerjakan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui BPPW Provinsi DKI Jakarta. Renovasi ini dilaksanakan oleh PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana dan PT Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi.


(FER)
TAGs: Masjid
Fera Rahmatun Nazilah
Posted by Fera Rahmatun Nazilah